visitaaponce.com

Jelajah Togean, Inovasi Tojo Una Una Tarik Wisatawan

Jelajah Togean, Inovasi Tojo Una Una Tarik Wisatawan
Pemandangan perkampungan suku Bajo di Desa Kabalutan, Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.(MI/Panca Syurkani)

PEMERINTAH Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, menerapkan berbagai inovasi baru untuk meningkatkan kunjungan wisatawan masuk ke obyek pariwisata mereka. Salah satunya, melalui Jelajah Togean 2023.

Wakil Bupati Tojo Una Una Ilham Lawidu mengatakan, baru-baru ini pada 3 sampai 4 November lalu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tojo Unauna menggelar Jelajah Togean.

Kegiatan dengan tujuan utama untuk mendongkrak kunjungan wisatawan datang berlibur di Kepulauan Togean itu ternyata berdampak positif.

“Sekarang kita tidak bisa lagi hanya menunggu wisatawan datang. Tapi bagaimana mana kita berinovasi sehingga bisa mengundang wisatawan itu datang,” terangnya, Jumat (10/11).

Baca juga: Kabupaten Tasikmalaya Fokus Benahi Objek Wisata

Menurut Ilham, pada Jelajah Togean yang dipusatkan di beberapa destinasi wisata Kepulauan Togean, menampilkan sejumlah kegiatan salah satunya Fun Bike Adventure yang menempuh jarak kurang lebih 26 kilometer dengan titik start berlokasi di Desa Tumbulawa, Kecamatan Batu Daka dan berakhir di lapangan Anutapura, Desa Wakai, Kecamatan Una Una.

“Tojo Unauna memiliki potensi dan daya tarik pariwisata yang cukup lengkap. Di samping potensi Keindahan alam di Kepulauan Togean yang sangat diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, kabupaten kami juga memiliki potensi di bidang kuliner dan budaya yang menarik untuk dieksplorasi,” imbuhnya.

Baca juga: Jelang Liburan Nataru, Pantura Jateng Persiapkan Destinasi Wisata

Di samping Fun Bike Adventure, pada perhelatan Jelajah Togean 2023 itu juga dilaksanakan beberapa item kegiatan lainnya seperti jalan santai, tarik tambang di atas perahu, lomba foto dan video di media sosial, penampilan musik, serta family trip ke beberapa pulau indah di wilayah Kepulauan Togean.

Kunjungan Wisatawan ke Togean Meningkat

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tojo Una Una Muhammad Arsyad menjelaskan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Togean mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Selain karena dicabutnya status pandemi covid-19 oleh pemerintah, tingginya kunjungan wisatawan ke Tojo Una Una juga dikarenakan pelbagai inovasi yang diterapkan pemerintah.

“Kami terus mencoba ide-ide baru sehingga bisa berdampak pada kehidupan pariwisata. Dan seperti yang diakui wakil bupati kami berhasil dengan inovasi itu,” tegasnya.

Arsyad bilang, hingga November 2023 pihaknya mencatat total kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Togean kurang lebih mencapai angka 27.000 orang.

“Dari jumlah itu terdapat lebih 3.600 orang merupakan wisatawan mancanegara,” bebernya.

Oleh karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tojo Una Una akan terus mendorong sektor pariwisatanya dengan pelbagai kegiatan dan promosi.

“Pasti kedepan inovasi baru akan diterapkan lagi sehingga konsep pariwisata berkelanjutan bisa dijalankan,” tandasnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat