visitaaponce.com

Dorong Agenda Wisata Lingkungan melalui Festival Teluk Tomini

Dorong Agenda Wisata Lingkungan melalui Festival Teluk Tomini
Ilustrasi wisata di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah(Antara)

Festival Teluk Tomini telah digelar oleh Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, pada 28-30 Juni 2024 silam. Tahun ini, festival dipusatkan di Pantai Kayu Bura, Kecamatan Parigi Tengah, Sulawesi Tengah.

Event yang mengusung tema lingkungan itu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, komunitas, dan pelajar tentang pentingnya kesadaran terhadap lingkungan, baik dalam skala lokal maupun global, dengan pendekatan yang lebih kreatif, berbasis kultural dengan nilai-nilai kearifan lokal, dan tetap mengedepankan prinsip keberlanjutan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berharap penyelenggaraan Festival Teluk Tomini 2024 sukses menjadi event yang menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga mancanegara.

Baca juga : Jelajah Togean, Inovasi Tojo Una Una Tarik Wisatawan

"Ini merupakan bagian dari upaya mendorong pergerakan industri pariwisata dan ekonomi kreatif setempat," ungkapnya, Senin (1/7).

Event tahunan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong ini sukses mewakili Provinsi Sulawesi Tengah menjadi salah satu dari 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"KEN merupakan program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan (event) yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia," imbuhnya.

Baca juga : Jaga Pasokan Listrik, PLN Dukung Kesuksesan Gelaran JPJR 2023 di Belitung Timur

Dengan mengusung tema Jantung Segitiga Terumbu Karang Dunia, Festival Teluk Tomini 2024 menjadi ecotourism event yang responsif terhadap masalah ekologi yang terjadi di kawasan Teluk Tomini.  Upaya penyelamatan lingkungan yang menjadi misi dari Festival Teluk Tomini 2024 ini terefleksi penggunaan sampah daur ulang sebagai  ornamen-ornamen di sekitar lokasi kegiatan.

Selain itu, ada pula lomba Fashion Carnaval yang diikuti peserta yang memakai kostum berbahan limbah daur ulang dan aktivitas yang berkaitan dengan lingkungan diantaranya kegiatan lepas liar anakan penyu, menanam mangrove, transplantasi terumbu karang, bersih pantai, sosialisasi pentingnya menjaga ekosistem pesisir, dan lain-lain.

Masyarakat juga bisa menikmati berbagai pilihan kegiatan yang relevan dengan tema dan isu lingkungan seperti Environmental Arts, Tomini Fashion Carnaval, Seni Pertunjukan Tradisi, Seni Pertunjukan Seni Kreasi Baru, Seni Pertunjukan Multi Etnis, Exhibition, Workshop dan Forum, lomba musik jingle, dan masih banyak lagi.

Penikmat kuliner juga bisa menikmati jajanan khas Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah serta jajanan durian khas Kabupaten Parigi Moutong di Festival Teluk Tomini 2024. 

Sebagai program strategis untuk mendukung dan mengembangkan events di seluruh Indonesia, Karisma Event Nusantara memiliki visi untuk menjadikan event sebagai atraksi wisata unggulan di Indonesia. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut adalah melalui kolaborasi Kemenparekraf/Baparekraf RI dengan daerah di dalam menyelenggarakan event yang berkualitas. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat