visitaaponce.com

Kemenparekraf Dorong Wisata dan Edukasi Hijau di Momentum Liburan

Kemenparekraf Dorong Wisata dan Edukasi Hijau di Momentum Liburan
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)(Dok Kemenparekraf)

MOMENTUM libur sekolah bisa dimanfaatkan untuk memberikan wisata edukasi sebagai pilihan mengisi liburan sekolah. Hal ini dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) melalui brand Wonderful Indonesia yang meluncurkan program aktivasi Wonderful Indonesia Co-Branding School Break 2024.

Produk bertajuk Co-branding: Travel Responsibly itu memperkenalkan pariwisata hijau dan berkelanjutan pada momentum libur sekolah.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf Sandiaga S Uno mengatakan kegiatan ini berupaya memberikan pengalaman edukatif bagi wisatawan, khususnya usia muda mengenai dampak lingkungan dan pengolahan produk bekas jadi sesuatu yang kreatif.

"Ini ada di empat kota yang akan kita kunjungi pada Juni-Juli, Jakarta AQuarium dan Safari, Saung Angklung Udjo Bandung, HeHa Stone Valley Yogyakarta, dan Beachwalk Shopping Center Bali," kata Menparekraf, dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, di Jakarta, Senin (24/6).

Baca juga : Sandiaga Beberkan Tujuan Pungutan Rp150 Ribu untuk Turis Asing di Bali

Periode libur sekolah ini tidak hanya berlangsung di Indonesia, tapi juga di luar negeri sehingga berpotensi menjadi wisata alternatif bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

Aktivasi ini melibatkan 21 mitra co-branding yang berkolaborasi sebagai penyedia venue, penyedia sampah produk, penyedia layanan waste management hub, penyedia layanan kargo, penyedia hadiah games, hingga pelaku upcycle pasca-event.

Co-branding itu seperti Jakarta AQuarium dan Safari, Saung Angklung Udjo, HeHa Stone Valley, Beachwalk Shopping Center, Aice, Paxel, Dagadu Djokdja, Dama Kara, Bodypack, Pipiltin Cocoa, Finna Food, Lokalate, BEJO Jahe Merah, El Hotel Group, AVO Group, Rumah Atsiri Indonesia, homLiv, Gofress, Grab, Pala Nusantara, dan Bank Sampah Bersinar.

Baca juga : Antisipasi Overtourism Dunia dengan Penguatan Sektor Pariwisata Nasional

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini menjelaskan pengunjung acara ini bisa melihat pameran instalasi upcycle yang menampilkan karya seni kreatif dari produk bekas pakai hasil aktivitas bisnis para mitra co-branding.

"Kami juga punya bank sampah, ini juga akan membuat instalasi dengan sampah-sampah yang dikumpulkan, jadi akan banyak kegiatan yang kita lakukan bersama mitra co-branding," kata Made.

Selain pameran instalasi upcycle, pengunjung bisa belajar waste management dan bermain games berhadiah. Event ini diharapkan menginspirasi terciptanya wisata hijau dan berkelanjutan bagi wisatawan.

Co-Founder Paxel Zaldy Ilham Masita mendukung program Wonderful Indonesia yang berkaitan dengan isu keberlanjutan lingkungan.
"Di Paxel ada Paxel Recycle sudah berjalan hampir tiga tahun, kami hitung sudah hampir 9 juta karbon yang diserahkan ke bank sampah melalui program mengambil sampah bekas packaging e-commerce," ujarnya. 

National Marketing Communications Manager (Finna Food) PT Sekar Laut Tbk Wenny Vianna menyampaikan banyak manfaat menjadi mitra Co-branding Wonderful Indonesia, salah satunya rasa percaya dari publik. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat