visitaaponce.com

Dieng Culture Festival 2024 Bakal Digelar Agustus

Dieng Culture Festival 2024 Bakal Digelar Agustus
Ribuan pengunjung menyaksikan gelaran Dieng Culture Festival.(Dok. MI)

KELOMPOK Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) memastikan Dieng Culture Festival (DCF) XIV akan dilaksanakan pada 23-25 Agustus 2024.

Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa Alif Faozi mengatakan DCF XIV Tahun 2024 mengusung tema "Back to Journey" artinya kembali ke nilai-nilai budaya. Oleh karena itu, beberapa acara musik dalam rangkaian kegiatan DCF akan dikurangi.

"Dalam pergelaran DCF sebelumnya, ada dua acara musik, yaitu Jazz Atas Awan dan Harmoni Atas Awan. Dalam DCF kali ini, mungkin Harmoni Atas Awan akan ditiadakan, sehingga hanya ada Jazz Atas Awan," jelasnya.

Baca juga : Kembangkan Pariwisata Daerahnya, Alif Faozi Gelar Dieng Culture Festival

Bahkan kemungkinan, ke depan Harmoni Atas Awan dan Jazz Atas Awan ke depan akan menjadi agenda kegiatan tersendiri di luar DCF. Tujuannya supaya semakin meningkat jumlah kunjungan wisatawan ke dataran tinggi Dieng.

"Jadi, nantinya DCF lebih fokus pada pergelaran seni tradisi dengan ruwatan anak berambut gimbal tetap menjadi acara utama," ungkapnya.

Alif mengatakan, lokasi kegiatan yang sebelumnya dikelola Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), kini dikelola oleh Museum dan Cagar Budaya (MCB) Ditjen Kebudayaan. Pihaknya mengusulkan lokasi kegiatan di Kompleks Candi Arjuna dan Lapangan Pandawa seperti biasa.

"Ditjen Kebudayaan ingin mengetahui karena ini baru bagi mereka meskipun DCF telah menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara. Besok kami akan memaparkan konsep termasuk menunggu arahan, semoga tidak ada perubahan,"kata dia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat