visitaaponce.com

Tertimpa Longsor, Jalan Wisata ke Dieng Macet Lebih dari Tiga Jam

Tertimpa Longsor, Jalan Wisata ke Dieng Macet Lebih dari Tiga Jam
Ilustrasi proses pembersihan sisa longsor di jalan menuju kawasan wisata Dieng Wetan Kecamatan Kejajar, Wonosobo.(Dok. MI)

JALUR menuju kawasan wisata Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah sempat mengalami kemacetan selama lebih dari tiga jam lantaran tertimpa material tanah longsor dari tebing di atasnya pada Minggu (3/3) Malam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana tersebut.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Dudy Wardoyo, menjelaskan, sebelumnya sejak siang kawasan itu dilanda hujan lebat. Hal itu memicu longsornya tebing setinggi 10 meter di Desa Dieng Wetan. Material tanah longsor menutup jalan wisata milik Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Menurut Dudy, itu merupakan jalan provinsi yang menjadi penghubung antar kabupaten Wonosobo - Temanggung, dan Wonosobo-Banjarnegara. Karena kemacetan cukup parah, akses pariwisata ke Dataran Dieng sempat sangat terganggu. Namun pihak BPBD bekerjasama dengan instansi terkait lain bekerja sama membersihkan material tanah longsor menggunakan alat berat.

Baca juga : Longsor dan Angin Kencang Landa Daerah Sekitar Wisata Dieng Wonosobo

"Tidak ada korban jiwa, namun sempat menimbulkan kemacetan selama lebih dari tiga jam. Namun pada Senin (4/3) pagi, jalan sudah dibuka dan bisa dilalui kendaraan lagi,"ujar Dudy, Senin (4/3).

Dudy menyatakan, tidak ada kerugian material dalam kejadian bencana tersebut. Meski demikian, para pengguna jalan menuju kawasan wisata Dieng dihimbau untuk lebih berhati-hati. Terutama saat cuaca ekstrem yang terjadi belakangan yang berpotensi menimbulkan bencana.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat