visitaaponce.com

Wisata Dieng Diusulkan jadi Geopark Nasional

Wisata Dieng Diusulkan jadi Geopark Nasional
Wisatawan mengunjungi kompleks Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.(Antara)

KAWASAN wisata Dieng yang terletak di Pegunungan Dieng sisi Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, diusulkan untuk dikembangkan menjadi geopark nasional. Hal itu karena Dieng dianggap mewakili geoheritage, geo biodiversity, dan geo culture.

Terkait usulan tersebut, menurut Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, beberapa waktu lalu sudah ada tim penilaian awal (pre-assesment) Geopark Nasional Dieng yang berkunjung untuk melakukan penilaian awal.

"Penilaian itu merupakan sebuah standarisasi dalam mempersiapkan kematangan Dieng sebagai geopark nasional,"katanya, Jumat (27/10).

Baca juga : Pemkab Banjarnegara Siapkan Dana Rp101 M untuk Bangun Infrastruktur Wisata Dieng

Menurut dia, berbagai kegiatan yang ada telah menyertai proses penilaian itu. Diantaranya, berbagai seminar yang melibatkan pemangku wilayah, pemangku kebijakan, dan stakeholders. penilaian ini diharapkan dapat menghasilkan output yang baik untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

"Penilaian yang dilakukan juga sekaligus sebagai input untuk bahan berbenah dalam mengembangkan Dieng sebagai geopark nasional,"ujar dia.

Ia menjelaskan, potensi Geoheritage Dieng berbentuk bentang alam yang berpotensi menjadi objek wisata, geo biodiversity dengan adanya flora dan fauna khas di kawasan Dieng. Adapun potensi geo culture berupa warisan kebudayaan dengan situs peninggalan peradaban yang menjadi keunggulan atas kekayaan alam dan budaya.

"Dalam hal ini, kami membutuhkan fasilitasi, supervisi, dan asistensi dari pemerintah pusat dan provinsi,"pungkas dia. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat