visitaaponce.com

Banjir Rendam 13 Desa di Banggai Laut

Banjir Rendam 13 Desa di Banggai Laut
Ilustrasi.(Dok MI)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah melaporkan 13 desa di Banggai Laut terendam banjir. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi 322 keluarga terdampak.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sulteng, Andi Sembiring, mengatakan banjir yang melanda 13 desa itu masuk dalam empat kecamatan, yakni Banggai, Banggai Selatan, Banggai Tengah, dan Banggai Utara.
"Laporan di lapangan, banjir akibat tingginya curah hujan yang turun di Bangai Laut sejak Kamis (4/7)," terangnya dalam pernyataan resmi yang diterima di Palu, Jumat (5/7).

Menurut Andi, tingginya curah hujan tersebut membuat debit air sungai yang melintasi empat kecamatan meningkat sehingga meluap ke permukiman warga. "Saat ini kami masih berkoordinasi dengan aparat masing-masing desa setempat terkait kerusakan dan lainnya. Selain itu, kami bersama BPBD Bangai Laut membantu warga membersihkan material banjir," ungkapnya.

Baca juga : Imbas Sungai Samalera Meluap, Puluhan Rumah di Poso Terendam Banjir

Dari hasil pendataan di lapangan ada 322 kepala keluarga yang terdampak banjir dari 13 desa. Detailnya, enam desa di Kecamatan Banggai, yakni Kokini, Lambako, Pasir Putih, Kelurahan Lompio, Tanobonununga, dan Dodung, serta dua di Banggai Selatan, yakni Tolokibit dan Bentean. Kemudian tiga desa di Banggai Tengah, yaitu Badumpayan, Adean, Mominit, serta dua lainnya di Banggai Utara, yakni Bone Baru dan Paisumosoni.

"Pendataan di lapangan masih dilakukan. Yang pasti tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," tegasnya.

Andi menambahkan, bahwa masyarakat yang terdampak di 13 desa saat ini membutuhkan bantuan logistik. "warga juga meminta pemerintah segera melakukan normalisasi sungai, karena di lokasi hujan masih turun," tandasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat