visitaaponce.com

Pentingnya Memilih Notes Parfum yang Sesuai Jenis Kulit

Pentingnya Memilih Notes Parfum yang Sesuai Jenis Kulit
Kulit berminyak, dikatakan ahli, membuat parfum apapun akan tercium lebih kuat.(Unsplash/ Laura Chouette)

SAMA seperti warna lipstik yang bisa berbeda di tiap orang, demikian juga wangi parfum. Meski menggunakan parfum yang sama, wangi yang tercium dapat tidak benar-benar sama di masing-masing orang.

 

Para pakar parfum dan kecantikan menyebutkan sejumlah faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Dilansir dari situs kecantikan Byrdie.com, pendiri sekaligus pemilik jenama parfum St.Giles, Michael Donovan, menyebut jika pH tubuh dan makanan bisa berpengaruh. “pH tubuh masing-masing orang dapat sedikit berbeda dan itu dapat memengaruhi wangi yang tercium. Selain itu makanan juga berpengaruh,” katanya.

Baca juga : Jelang Hari Raya, Oriflame Rilis Riasa dan Koleksi Wewangian Baru

 

Selanjutnya, penting bagi Anda untuk memperhatikan notes parfum. Notes adalah tingkatan lapisan yang ada dalam parfum. Umumnya tiap parfum disusun dari tiga notes, yakni top, middle, dan base. Semakin atas letak notes maka elemen itulah yang paling cepat menguap dan pertama-tama akan tercium.  Masing-masing notes disusun oleh bahan yang berbeda, baik elemen bunga, buah, atau kayu-kayuan.

 

Baca juga : Ini Masalah Kulit yang Bisa Anda Alami Saat Berpuasa di Cuaca Ekstrem

“Kebanyakan parfum dibuat dengan bahan-bahan yang akan tertarik pada minyak,” lanjut Donovan.Dengan begitu, orang dengan kulit berminyak akan menghasilkan wangi parfum yang lebih awet. Sebab, semenjak top notes sudah akan lebih terikat di kulitnya. “Kulit berminyak akan mengikat top notes lebih lama namun juga bisa membuat beberapa elemen jadi lebih menonjol dibanding yang lainnya,” tambah Donovan.

 

Bagi kulit berminyak, berdasarkan pengalaman Donovan, akan membuat parfum dengan dominasi berkarakter manis (sweets notes) akan tercium terlalu kuat. “Buah-buahan terutama citrus, sebaliknya, akan sangat bagus di kulit berminyak,” tekannya. Untuk kulit kering, maka yang terjadi sebaliknya, elemen-elemen manis alias bunga akan menghasilkan wangi yang enak.

Baca juga : Priskila dan Nevertoolavish Rilis Body Spray Eksklusif

 

Secara umum, Donovan menambahkan jika kulit berminyak akan membuat parfum apapun tercium lebih kuat. Meski begitu, ada elemen tertentu yang membuat semakin menonjol dibanding lainnya sehingga mengurangi keseimbangan masing-masing notes parfum.

 

Dengan begitu, ia pun mengingatkan untuk mencoba sampel parfum terlebih dulu sebelum membeli. Jangan tergiur dengan merek terkenal sebab wangi yang dihasilkan belum tentu sama dengan yang ada pada orang lain. (M-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat