visitaaponce.com

Kulineran Sambil Minum Jamu Awet Muda di Suwe Ora Jamu

Menyusuri kawasan M Bloc Space, Jakarta Selatan, yang kini mendenyutkan kehidupan kaum urban, kita akan menemukan Suwe Ora Jamu di antara jajaran kafe di sana. Di area yang menghadap Jalan Panglima Polim, kedai dua lantai ini mencuri perhatian anak-anak muda yang hilir mudik di sana.

Tampilan asli bangunan bekas perumahan pegawai Perum Peruri, perusahan negara pencetakan ulang itu dipertahankan. Ornamen yang ditambahkan bergaya etnis dan merujuk pada identitas Suwe Ora Jamu sebagai jenama yang menjual dan mempromosikan jamu dan kekayaan herbal lokal. Memasuki pintu kaca berteralis ala bangunan tua serta duduk di kursi kayu dan rotan antik yang lazim kita temui di rumah-rumah di desa, suasana yang menenangkan langsung terasa.

Di lantai dua, di area dekat tangga, terdapat pot berisi pohon kunyit, kencur hingga jahe. Kehadiran pot-pot tanaman itu mengingatkan, di Suwe Ora Jamu tentu tak boleh dilewatkan menyeruput aneka racikan jamu yang segar menyehatkan. Jamu-jamu dalam kemasan botol kaca dan kaleng berjajar rapi di lantai satu. Ada jamu beras kencur, kunyit asam dan alang-alang seharga Rp30 ribuan dalam ukuran 300 mili. Di jajaran menu House Blend Jamu ini tersedia pula Rosella, Wedang Jahe, Asem Jawa, Kayu Manis Sitrus, Temulawak Rempah serta Sereh Telang. Cita rasanya mulai manis, asam, hangat, pedas, hingga beraroma beras. Begitu pula warnanya, kuning meriah, merah menyala, cokelat hingga biru menggoda.

Baca juga : Meraup Untung Sekaligus Melestarikan Jamu Tradisional

Tak boleh dilewatkan pula jajaran menu Hangat Nikmat Berkhasiat yang terdiri atas Sari Anggur Sehat, Susu Jahe, Bandrek hingga Bajigur seharga mulai Rp22  ribuan. Jika ingin rasa jamu dan khasiat Kesehatan yang lebih kuat, terdapat pilihan menu Bergas Waras yang disajikan siap minum maupun kemasan untuk diseduh di rumah, mulai 7 Angin Mint buat mereka yang membutuhkan sensasi hangat buat menenangkan tubuh yang lelah, Galian Rapat yang jadi favorit para perempuan hingga Sehat Pria yang dipercaya bisa mendongkrak vitalitas.

Namun, buat mereka yang sedang ingin minuman serba ringan kekinian namun tetap ada unsur herbalnya, boleh dijajal jajaran menu Sruput Sehat yang semuanya menyertakan matcha yang kaya antioksidan, mujarab sebagai ramuan awet muda, mulai Matcha Honey, Matcha Lemon Honey atau Matcha Ginger Latte seharga mulai Rp35 ribuan.

Kawan semua minuman-minuman sehat dan nikmat itu, paling direkomendasikan Nasi Daging Asap Sully seharga Rp40 ribuan dengan sambalnya yang menyengat atau Nasi Goreng Ketjombrang yang wangi seharga Rp45 ribu. Pilihan yang lebih ngepop adalah Rice Beef yang terdiri atas nasi dan daging sapi yang diiris tipis. Buat camilannya, bisa dipilih Roti Bakar dengan selai kacang, Pisang Goreng Krispi, atau Tempe Mendoan seharga mulai Rp25 ribuan.

Nongkrong di Suwe Ora Jamu, yang kini juga punya sejumlah lokasi di penjuru Jabodetabek, kita akan menikmati jamu sebagai minuman kesehatan badan juga ketahanan jiwa, seperti yang diungkapkan sang pendiri, Nova Dewi Setiabudi. Sejak satu dekade lalu, kampanye edukasi yang dilakukan Nova. Ia rutin melakukan kelas pelatihan meramu dan selalu menekankan pentingnya rasa percaya pada khasiat setiap rimpang dan herbal yang diramu pada segelas jamu. Yuk Ngejamu! (X-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Iis Zatnika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat