visitaaponce.com

Yuk Jelajah Ciletuh, Lanskap Alam Nan Komplet

Yuk Jelajah Ciletuh, Lanskap Alam Nan Komplet
Pantai di kawasan Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat.(ANT )

Puncak Darma, Menikmati Hamparan Tebing Hingga Sawah
Awali penjelajahan di Puncak Darma, titik tertinggi di Geopark Ciletuh, tingginya 230 meter di atas permukaan laut Lokasinya di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Panorama yang terhampar adalah Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda hingga lanskap pantai, tebing, hingga persawahan.

Para pelancong kerap berburu sensasi menikmati matahari terbenam, namun pagi hari di sini juga menyenangkan. Mari menyesap oksigen yang terasa lebih segar di sini, sembari menghirup kopi atau teh yang disajikan sejumlah kios.

Segarnya Curug Cimarinjing
Usai menikmati panorama yang menenangkan, mari melanjutkan eksplorasi ke destinasi Curug Cimarinjung, air terjun paling populer di Geopark Ciletuh yang jaraknya hanya sekitar 1,5 kilometer atau 5 menit dari Curug Darma. Air mengalir dari celah yang diapit tebing-tebing menjulang. Terdapat kolam air terjun dengan batu-batu besar yang mengelilinginya. Airnya jernih nan segar. 

Baca juga : Pantai Jadi Destinasi Wisata Paling Ramai Dikunjungi saat Libur Panjang

Walaupun lokasi Curug Cimarinjung terbilang cukup tersembunyi, sehingga cukup menguras tenaga untuk menuju ke sana, pengunjung cukup ramai. Terdapat warung-warung kecil yang menyajikan makanan dan minuman hangat.

Trekking di Curug Sodong
Masih soal sensasi panorama curug dan air nan jernih, ada Curug Sodong di Desa Ciwaru yang jaraknya 9,8 km dengan waktu tempuh 21 menit menggunakan kendaraan. Curugnya memiliki ketinggian 20 meter dengan kucuran air nan deras. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan trekking ke Curug Cikanteh yang terletak di atasnya dengan jarak sekitar 350 meter dan bisa ditempuh sekitar 20-30 menit.

Berkemah di Pantai Palangpang
Penjelajahan berkutnya adalah Pantai Palangpang yang jaraknya sekitar 20 menit dengan jarak tempuh 7,8 km. Garis pantainya panjang dan lebar, kita bisa bermain dan beraktivitas di pasir Pantai, berenang menikmati ombaknya yang terbilang bersahabat. Agar bisa berlama-lama, pelancong juga bisa mendirikan tenda di sini. Nikmati matahari terbit hingga terbenam di sini, buat melupakan sejenak riuhnya kota.

Baca juga : Penanaman Mangrove Upaya Untar Lestarikan Lingkungan

Box

Geopark Ciletuh ditetapkan sebagai UNESCO Global Geoparks pada 2018, luasnya mencapai sekitar 126.000 hektar. Istilah Geopark merujuk pada wilayah geografi yang memiliki warisan geologi bernilai tinggi, termasuk di dalamnya keanekaragaman hayati dan budaya. Pengembangannya memadukan konsep konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi lokal. Jadi, melancong ke Ciletuh akan menghadirkan pengalaman berwisata dengan konsep keberlanjutan. Implementasinya, menjaga kebersihan dan kekayaan alam, serta menghormati kearifan lokal.   

Berikut kiat aman dan nyaman menjelajah Ciletuh:
- Jika memungkinkan gunakan kendaraan yang Tangguh bermanuver di medan yang menantang.
- Kini tersedia penyedia jasa perjalanan di Ciletuh yang akan memudahkan pelancong yang lengkap hingga pemandu.
- Gunakan pakaian yang memudahkan aktivitas di alam.
- Patuhi rambu keamanan yang tersedia di lokasi serta anjuran dari pemandu.
- Pastikan tubuh dalam kondisi prima.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Iis Zatnika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat