visitaaponce.com

Membersihkan Riasan Mata Tidak Bersih Bisa Menyebabkan Hordelum, Penyakit Apa Itu

Membersihkan Riasan Mata Tidak Bersih Bisa Menyebabkan Hordelum, Penyakit Apa Itu?
Membersihkan riasan mata(Freepik)

KURANG bersihnya menghapus riasan wajah, khususnya pada area mata, dapat memicu munculnya hordeolum. Penyakit ini biasanya sisebut bintitan.

“Hordeolum adalah benjolan kecil mirip jerawat atau lepuhan di dekat area bulu mata, yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri,” ujar Dokter Spesialis Mata dari Universitas Brawijaya Bramantya Surya Pratama seprti dikutip dari Antara pada Selasa (14/5).

Bramantya menjelaskan bahwa bakteri umumnya berasal dari sisa-sisa make up yang tidak sepenuhnya terhapus, menyentuh mata dengan tangan yang kurang bersih, serta paparan debu.

Baca juga : Waspada, Kurang Bersih Hapus Riasan Mata Bisa Sebabkan Bintitan

“Bakteri masuk melalui celah-celah bulu mata,” jelasnya.

Selain menurunkan kepercayaan diri karena adanya benjolan di mata, bintitan juga mengganggu kenyamanan. Penderita biasanya merasakan nyeri saat berkedip dan penglihatan bisa terganggu akibat pembengkakan.

Meskipun sering dianggap sepele, bintitan yang tidak diobati dengan baik bisa bertahan hingga berbulan-bulan dan benjolan tersebut bisa mengeras.

Baca juga : 5 Macam Penyakit yang Perlu Diwaspadai oleh Jemaah Haji

“Yang penting, sering-seringlah membersihkan bulu mata, hindari mengucek mata, dan biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mata,” tambahnya.

Bramantya menyarankan penderita hordeolum untuk memeriksakan kondisinya ke dokter mata agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Untuk meredakan pembengkakan akibat bintitan, Bramantya menganjurkan pasien melakukan kompres hangat pada mata menggunakan kapas selama lima menit.

Baca juga : 10 Cara Merawat Kulit Wajah agar Terhindar dari Jerawat

“Kompres hangat ini dilakukan dengan cara merendam kapas kosmetik ke dalam air hangat, kemudian diperas, lalu ditempelkan ke kelopak mata dengan mata tertutup,” tambah Bramantya.

Membersihkan make up bulu mata hingga benar-benar bersih sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan bulu mata. Kadang-kadang, riasan pelentik dan penebal bulu mata atau mascara sangat sulit untuk dihapus.

Saat ini, banyak merek kecantikan yang menyediakan produk penghapus riasan khusus untuk area mata yang sulit dibersihkan.

Penghapus riasan atau make up remover berbasis minyak cukup efektif untuk menghilangkan make up yang tahan air atau waterproof. (Ant/Z-10)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat