visitaaponce.com

5 Tips Ampun untuk Meringankan Gejala Menopause

5 Tips Ampun untuk Meringankan Gejala Menopause
Tips ampuh meringankan gejala menopause(Freepik)

MENGONSUMSI makanan bergizi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, protein, dan nutrisi lainnya, serta rutin melakukan aktivitas fisik dapat meringankan gejala menopause.

Menopause dimulai pada akhir usia 40-an atau awal 50-an dan biasanya berlangsung beberapa tahun. Kebanyakan perempuan menopause mengeluhkan berbagai gejala, misalnya rasa panas yang tiba-tiba bisa menyebar ke seluruh tubuh, menyebabkan kemerahan dan berkeringat.

Gejala menopause lainnya, yaitu kesulitan tidur, rasa lelah, perubahan suasana hati, serta nyeri otot dan sendi. Gejala-gejala tersebut dapat menimbulkan masalah dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Berikut cara meringankan gejala menopouse:

Baca juga : Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

1. Perbanyak konsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D

Perubahan hormonal selama menopause dapat melemahkan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis. Kalsium dan vitamin D berhubungan dengan kesehatan tulang, jadi penting untuk mendapatkan cukup nutrisi ini dalam makanan, sehingga dapat meringankan gejala pada menopause.

Asupan vitamin D yang cukup setelah menopause juga dikaitkan dengan penurunan risiko patah tulang pinggul akibat lemahnya tulang. Banyak makanan yang kaya akan kalsium, termasuk produk susu seperti yogurt, susu, dan keju. Sayuran hijau seperti kangkung, sawi, dan bayam juga tinggi kalsium.

2. Menjaga berat badan yang sehat 

Pertambahan berat badan merupakan hal yang biasa terjadi selama menopause. Hal ini dapat disebabkan oleh kombinasi perubahan hormonal, penuaan, gaya hidup, dan genetika.

Baca juga : Kesehatan Fisik Pengaruhi Kemampuan Seksual Pria

Kelebihan lemak tubuh, terutama di sekitar pinggang, meningkatkan risiko terkena penyakit,  seperti penyakit jantung dan diabetes. Dengan menjaga berat badan Anda dapat memngurangi gejala menopause.

3. Perbanyak makan buah dan sayur

Pola makan yang kaya akan buah-buahan dan sayur-sayuran dapat membantu mengurangi banyak gejala menopause, karena buah-buahan dan sayuran rendah akan kalori. 

Oleh karena itu, cocok untuk menjaga berat badan, juga membantu mencegah sejumlah penyakit, termasuk penyakit jantung. Hal ini penting karena risiko penyakit jantung cenderung meningkat setelah menopause yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia, penambahan berat badan, dan penurunan kadar estrogen.

Baca juga : Asupan Nutrisi Seimbang dan Olahraga Penting untuk Kesehatan Jantung 

4. Berolahraga ringan dan meditasi secara teratur

Untuk mengurangi gejala menopause, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, olahraga khusus lansia, dan aerobik. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan meditasi dan latihan pernapasan untuk membantu tubuh agar lebih rileks.

Orang yang sudah menopause mempunyai peningkatan risiko penyakit jantung yang signifikan san beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu mengurangi risiko ini.

5. Mengurangi kebiasaan minum alkohol

Konsumsi alkohol  berlebihan berisiko menyebabkan kanker payudara. Kanker jenis ini sering terjadi pada wanita saat menopause. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi kebiasaan minum alkohol. (Z-10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat