visitaaponce.com

Ragam Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil

Ragam Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil
Ilustrasi ibu hamil.(Dok. Freepik)

IBU hamil membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan. Asupan gizi ini idealnya diperoleh dalam jumlah cukup dari makanan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan dan minuman yang kaya gizi. Dalam hal ini, kacang mete bisa menjadi salah satu pilihan.

“Selain memiliki rasa gurih dan creamy, kacang mete kaya akan kandungan zat gizi yang bermanfaat untuk ibu hamil,” ujar certified nutritionist, Ainy Suchianti, S.Gz, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kacang mete, lanjutnya, mengandung zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak, juga beragam mineral dan vitamin. Salah satu vitamin yang terkandung dalam kacang mede adalah vitamin B9 yang lebih populer disebut asam folat. Asam folat termasuk zat gizi penting untuk perempuan, baik yang sedang menyiapkan kehamilan atau sedang mengandung. Sebab, asam folat secara spesifik bermanfaat untuk mencegah kelainan saraf pada bayi baru lahir. Kekurangan asam folat semasa kehamilan dapat menyebabkan anensefali, yaitu bayi terlahir tanpa sebagian otak, serta spina bifida atau gangguan pembentukan tabung saraf.

Baca juga : Perbaikan Gizi Anak Bisa Dimulai di Usia Sekolah Dasar

“Sangat penting untuk mengonsumsi makanan tinggi asam folat selama hamil dan menyusui. Sesuai dengan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi 2019, kebutuhan asam folat per hari pada perempuan hamil meningkat hingga 200 mikrogram dan 100 mikrogram selama menyusui,” ujar Ainy.

Kandungan gizi lain dalam kacang mete ialah mineral kalsium dan magnesium. Keduanya termasuk komponen utama yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Magnesium berperan membantu penyerapan kalsium dalam proses pembentukan tulang. “Ibu hamil perlu menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.”

Kacang mete juga kaya akan mineral tembaga (copper). Tembaga berperan dalam menyokong sistem kekebalan tubuh, juga mendukung kerja sistem saraf dan pembuluh darah,” imbuh Ainy.

Baca juga : Lansia Wajib Tahu! Inilah Gizi Seimbang yang Harus Terpenuhi

Bisa jadi Minuman Praktis

Kacang mete dapat dikonsumsi dalam bentuk beragam sajian, bisa dipanggang untuk camilan, menjadi salah satu bahan pembuatan sambal, saus, dan kue, bahkan dijadikan minuman sejenis susu yang praktis. Ketersediaan kacang mete cukup banyak di Indonesia. Potensi inilah yang dimanfaatkan oleh Nacitta Kanyandara selaku founder Arummi Cashew Milk, susu plant based dari kacang mete.

Menurutnya, susu kacang mete bisa menjadi salah satu alternatif asupan ibu hamil dan menyusui karena kaya gizi dan rasanya yang secara alami memang lezat. Untuk memaksimalkan manfaatnya, Nacitta melakukan fortifikasi (penambahan zat gizi) pada Arummi. “Karena pentingnya asam folat terutama untuk ibu hamil dan menyusui, khusus untuk varian classic, kami melakukan fortifikasi untuk menambah kandungan asam folat.”

Terkait bahan baku, Nacitta memilih kacang mete lokal sebagai bahan dasar. “Kacang mete banyak ditemukan di Indonesia. Dengan memakai bahan lokal, proses produksinya bisa lebih singkat dan meninggalkan sedikit jejak karbon dibandingkan dengan mengimpor. Selain itu, kami juga punya misi ingin memberdayakan petani lokal,” pungkas Nacita. (X-8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Eni Kartinah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat