visitaaponce.com

Girls Simak 3 Manfaat dari Mengonsumsi Okra buat Kulit Kamu Ya

Girls! Simak 3 Manfaat dari Mengonsumsi Okra buat Kulit Kamu Ya
Manfaat mengonsumsi Okra bagi kesehatan kulit(Ilustrasi)

OKRA adalah buah yang bentuknya sekilas mirip oyong dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Buah okra kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin B6, dan vitamin K.

Selain itu, okra juga mengandung protein, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, dan folat. Okra merupakan tumbuhan yang cukup unik karena dagingnya mengandung lendir yang cukup banyak. Karena kandungan nutrisinya yang beragam, okra dipercaya memiliki manfaat baik untuk kulit.

Berikut adalah beberapa manfaat okra untuk kesehatan kulit:

Baca juga : 8 Manfaat Rutin Konsumsi Sayur Okra yang Baik bagi Kesehatan

1. Membuat Kulit Awet Muda

Buah okra mengandung antioksidan yang dapat menangkal kerusakan kulit akibat radikal bebas. Antioksidan utama dalam okra adalah polifenol. Vitamin A, vitamin C, isoquercetin, serta flavonoid di dalam buah okra juga berperan sebagai antioksidan. 

Vitamin C dan vitamin A sering ditemukan dalam produk perawatan kulit karena manfaatnya dalam mencegah penuaan dan meningkatkan produksi kolagen. Kedua vitamin ini dapat mencegah munculnya kerutan, membuat kulit tampak kencang, serta meningkatkan elastisitas kulit. Dengan mengonsumsi okra secara rutin, kulit Anda bisa tetap awet muda dan sehat.

2. Membuat Kulit Jadi Glowing

Kandungan nutrisi dalam okra, seperti vitamin C, vitamin A, folat, kalsium, dan protein, dapat menyehatkan sel-sel kulit. Sel-sel yang sehat membuat kulit tampak lebih cerah dan glowing. Selain dikonsumsi, lendir okra juga dapat dioleskan langsung ke kulit. Lendir okra mampu membuat kulit jadi lembap, lembut, dan kenyal.

Baca juga : Perempuan Peneliti dan Edukator Kesehatan Kulit Diganjar Apresiasi

3. Membantu Mencegah Munculnya Jerawat

Lendir yang ada dalam buah okra sangat baik untuk kesehatan usus. Lendir okra dapat melumasi saluran pencernaan dan membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam usus. Saluran pencernaan yang bersih dan sehat dapat mencegah racun keluar dari kulit dalam bentuk jerawat. Dengan mengonsumsi okra, Anda dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah timbulnya jerawat.

Cara Menggunakan Okra untuk Kulit

Manfaat okra untuk kulit bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara langsung atau mengoleskan lendirnya ke kulit. Berikut adalah cara menggunakan okra untuk perawatan kulit:

1. Mengonsumsi Okra

Anda dapat mengolah buah okra menjadi berbagai hidangan, seperti tumisan atau sup. Konsumsi okra secara rutin dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit dari dalam.

Baca juga : Gelar Skincara SPF++ Festival, Skincara Kenalkan Kosmetik Korea dan Jepang

2. Masker Okra

Selain dikonsumsi, Anda bisa membuat masker okra untuk perawatan kulit dari luar. 

Berikut cara membuat dan menggunakan masker okra:

  1. Cuci bersih dan iris satu buah okra secara horizontal.
  2. Rebus potongan okra dalam panci berisi satu gelas air selama 10 menit hingga lunak dan mengeluarkan lendir.
  3. Saring okra dan masukkan ke dalam blender.
  4. Tambahkan 4 sendok teh greek yoghurt dan 1 sendok teh minyak zaitun murni ke dalam blender berisi potongan okra.
  5. Blender selama beberapa detik hingga okra halus.
  6. Pindahkan masker okra ke dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam kulkas.

Oleskan masker okra di bagian wajah dan leher. Setelah 15 menit, bilas wajah Anda dengan air hangat sampai bersih. Penggunaan rutin masker okra dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Dengan rutin mengonsumsi okra dan menggunakan masker okra, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal untuk kesehatan kulit. Selamat mencoba dan semoga kulit Anda tetap sehat dan bercahaya!

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat