visitaaponce.com

Puluhan Sarang Tawon Ndas Dievakuasi

Puluhan Sarang Tawon Ndas Dievakuasi
Sarang tawon ndas(Ist)

PULUHAN sarang tawon ndas atau nama latinnya Vespa afiinis, dievakuasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi hingga Oktober 2019. Saat ini sarang hewan penyengat tersebut tersebar di 12 kecamatan di Kota Bekasi.

"Sudah ada 87 sarang yang sudah dievakuasi hingga Oktober ini," ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Aceng Solahudin, kemarin.

Aceng menjelaskan, kebanyakan sarang yang dievakuasi terletak di tempat yang cukup tinggi di tengah permukiman warga. Merebaknya jumlah sarang tawon ndas ini diduga lantaran loteng di setiap rumah warga dibiarkan rusak setelah termakan serangga. Apalagi, sarang lebah ini bisa semakin banyak pertumbuhannya setelah adanya pergantian musim hujan ke kemarau.

Aceng mengaku pertumbuhan sarang tawon ndas kali ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Pada 2017, pihaknya hanya mengevakuasi 38 sarang, pada 2018 hanya 28 sarang. Pada tahun ini, totalnya melejit sampai 87 titik sarang.

Untuk mengevakuasi sarang lebah, warga harus meminta bantuan petugas. Tindakan itu untuk menghindari terjadinya luka sengat. (Gan/J-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Msyaifullah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat