visitaaponce.com

Kamera e-TLE di Jakarta akan ditambah

Kamera e-TLE di Jakarta akan ditambah
Kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta.(ANTARA/Galih Pradipta)

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana menambah kamera e-TLE. Sebanyak 45 kamera ditargetkan memantau Jakarta pada 2019.

"Tahun ini akan ditambah lagi 45 (kamera) e-TLE yang akan dipasang di ruas-ruas jalan yang sudah dikoordinasikan antara Dirlantas Polda Metro Jaya dan Kadishub DKI Jakarta," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (5/12).

Gatot mengatakan pihaknya juga akan menambah 48 kamera pada 2020. Dengan tambahan 45 kamera e-TLE tahun ini dan tambahan 48 kamera pada tahun depan, akan ada 105 mata kamera memantau pengendara di jalan raya pada 2020.

Baca juga: Tilang Elektronik di Tol Berlaku Hari Ini

Selain itu, tahun depan juga direncanakan akan ada e-TLE portabel. e-TLE portabel ini akan disematkan di kendaraan petugas kepolisian untuk memudahkan merekam pelanggaran pengemudi dari kendaraan patroli.

"Nanti akan ada e-TLE portabel di unit tertentu. Kita akan kembangkan ke depan untuk pelayanan lebih baik ke masyarakat," ujar Gatot.

Gatot menjelaskan sistem e-TLE portabel juga sama dengan kamera e-TLE biasa. Kamera itu juga terhubung dengan koneksi internet ke operator NTMC Polri.

Bedanya, kamera ini bisa mengikuti pengendara yang melanggar. Dengan itu, bukti pelanggaran bisa terekam dengan jelas.

Kapolri Jenderal Idham Aziz mengapresiasi perkembangan e-TLE. Dia meminta sistem ini terus dikembangkan ke depannya.

"Jangan hanya bagus saat ditayangkan di sini, tapi bagaimana prospeknya ke depan di lapangan harus bagus," tutur Idham. (OL-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat