visitaaponce.com

JJ Rizal Bela Anies Soal Kampung Akuarium, Ahok Kepintaran Dia

JJ Rizal Bela Anies Soal Kampung Akuarium, Ahok: Kepintaran Dia
Pembangunan rumah susun di kampung Akuarium, Jakarta Utara(ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

MANTAN Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyebut keliru jika ada pihak yang mengatakan kawasan cagar budaya boleh dihuni warga. Hal ini berkaitan dengan pembangunan Kampung Akuarium yang berada di cagar budaya Kota Tua, Jakarta Utara.

Menurutnya, pembangunan tersebut tidak sama dengan kawasan Menteng, yang tempat di sana dijadikan cagar budaya.

"Jka ada yang bandingkan Menteng daerah cagar budaya, terus di lahan cagar budaya boleh dirikan rumah baru, jelas keliru. Kepintaran orangnya," ujar Ahok kepada Media Indonesia, Jakarta, Senin (24/8).

Ahok mengatakan perumahan di Menteng dan beberapa tempat di Kebayoran Baru masuk dalam cagar budaya. Namun, hal itu tidak bisa diimplementasikan dengan pembangunan di Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara.

"Bukan berarti dengan contoh Menteng, boleh bangun rumah baru di lahan cagar budaya. Disebut cagar budaya karena ada peninggalan sejarah," tegas Ahok.

Komisari Utama PT Pertamina itu mengatakan, jika suatu kawasan masuk dalam cagar budaya, tidak boleh ada yang diubah. Terlebih, membangun tempat hunian di lahan miliik pemerintah.

"Keputusan ada cagar budaya itu malahan tidak boleh diubah bentuknya sama sekali," pungkas Ahok.

Baca juga: Pembangunan Kampung Akuarium Dilakukan Anak Usaha Lippo Group

Sebelumnya, Sejarawan JJ Rizal tidak mempersoalkan pembangunan hunian baru di kampung Akuarium yang diprakarasi Gubernu DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia menuturkan pembangunan di Kampung Akuarium diperbolehkan membangun hunian baru dengan mengibaratkannya seperti di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Penetapan kawasan cagar budaya tidak serta merta berarti melarang pemukiman di kawasan itu. Apakah kawasan Menteng bukan cagar budaya? Tetapi ada pemukiman. Di kawasan Kota Tua yang merupakan kawasan cagar budaya masih banyak kampung hunian warga," tukas Rizal dalam keterangannya. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat