visitaaponce.com

Sulit Ciptakan Tiga Poros untuk Pilkada Jakarta

Sulit Ciptakan Tiga Poros untuk Pilkada Jakarta
Ilustrasi.(Dok MI)

KEMUNGKINAN Pilkada Jakarta diperkirakan hanya diikuti oleh satu atau dua pasangan calon. Komposisi partai politik yang ada di luar poros pemerintahan Prabowo Gibran hanya dua yakni PDI Perjuangan dan PKS yang sama-sama melirik Anies Baswedan untuk diusung.

"Kalau tiga pasangan agak berat karena yang berada di luar poros kan hanya dua, PKS dan PDIP. Kalau kemudian jadi tiga poros berarti sendiri-sendiri PKS dan PDIP," ujar pakar politik Universitas Paramadina Hendri Satrio.

Kemungkinan hanya satu atau dua pasangan calon di Pilkada Jakarta. Salah satu skemanya yaitu PKS bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang kemudian mencalonkan Anies. Jika ini terjadi praktis Ridwan Kamil tidak muncul di laga Pilkada Jakarta.

Baca juga : PDIP-PKB Bikin Poros Baru di Pilgub Jakarta? Puan: Bisa Saja

"Kalau Anies dengan PDIP bisa jadi Anies di-PKS-an dulu dan wakilnya dari PDIP yang bisa saja bertemu dengan Ahok," katanya.

Namun PKS sejauh ini menginginkan kadernya untuk maju. Jika seperti itu, partai tersebut bisa membuat deal tertentu dengan Anies pada akhirnya.

Sementara itu, juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek Prayudi mengatakan partainya masih menghitung, membaca secara seksama peluang ketua umumnya Kaesang Pangarep maju di Pilkada Jakarta atau Jawa Tengah.

Baca juga : Kunci Anies-Sohibul, Mardani: Banyak yang Tertarik dengan AMAN

"Yang jelas sedang dibahas di internal kami, dibahas di KIM juga, dan sedang menunggu yang sedang diproses di internal PSI. Kalau Kaesang maju di Jawa Tengah sudah dipastikan dengan KIM tetapi kami sedang menghitung. Keputusannya bisa sampai last minute," ungkapnya, Kamis (4/7).

Sebelumnya PKPU mengakomodasi putusan Mahkamah Agung yang mengizinkan usia bawah 30 tahun sampai waktu pelantikan bisa maju pilgub. PSI belum membahas potensi majunya Kaesang.

"Masih dalam proses pembahasan. Yang jelas memang ada partai di luar PSI yang ingin meminang Kaesang seperti PKB duet Anies dan Kaesang, lalu dari PAN duet RK dan Kaesang," tandasnya. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat