visitaaponce.com

Sepeda akan Jadi Ekstrakurikuler Sekolah di DKI

Sepeda akan Jadi Ekstrakurikuler Sekolah di DKI
Masyarakat pengguna sepeda tetap melakukan aktivitas olah raga bersepeda di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (25/10/2020)(MI/M Irfan)

DINAS Perhubungan DKI Jakarta dan Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia DKI Jakarta (Pengprov ISSI DKI) mendorong sekolah menjadi sepeda sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Hal itu merupakan salah satu strategi untuk memperbanyak jumlah pesepeda di Jakarta dan menjadikan Jakarta kota ramah bersepeda. Nantinya akan ada sejumlah program yang akan bersama-sama dijalankan oleh Pengprov ISSI DKI dan Dishub DKI.

Kadishub DKI, Syafrin Liputo mendukung rancangan program Pengprov ISSI DKI. Dukungan muncul saat Pengprov ISSI DKI mendapat kesempatan audiensi dalam rapat terbatas Jumat (22/1). Kepala Bidang Umum, Sarana dan Prasarana Pengrov ISSI DKI, Fahrudine Fathur, mengatakan akan diadakan kegiatan bersepedah di sekolah.

Salah satu caranya adalah dengan menunjuk beberapa sekolah sebagai Role Model agar sepeda dijadikan sebagai Ekstrakurikuler.

Berikutnya, sebagai langkah awal, Kadishub DKI, Syafrin Liputo, memberikan instruksi untuk membuat tim kelompok kerja untuk menyusun dan membuat buku panduan bersepeda yang akan dikemas dalam bentuk aplikasi digital agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat DKI Jakarta

Kelompok kerja itu diketuai langsung oleh Bapak Ferdinand dan berkolaborasi dengan Novian Herbowo (Ketua Umum), Emiel Purwana (Wakil Ketua Umum) Luhur Dewanthoro (Sekertaris Umum), Fahrudine Fathur (Kepala Bidang Umum dan Sarpras), Hendi Rachmat (Founder Westbike Messenger) dan Endy Safadilla (Sport Science) Pengprov ISSI DKI.

Ketua Umum Pengprov ISSI DKI, Novian Herbowo mengatakan salah satu langkah menjadikan jakarta ramah pesepeda adalah dengan memperbaiki jalur sepeda, yakni dengan menyiapkan Pop Up Bike Line secara menyeluruh di DKI Jakarta.

"Itu akan dilakukan road map jangka panjang untuk menerapkan DKI Jakarta menjadi kota yang ramah untuk pesepeda karena terdapat 3 pilar yakni sepeda sebagai sarana prestasi, rekreasi, dan transportasi," kata Novian dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/1).

baca juga: Minat Bersepeda Masyarakat Bertambah, Pasar Sepeda Meningkat

Lebih lanjut, Pengprov ISSI DKI juga akan memberikan pelatihan dasar bersepeda kepada masyarakat Jakarta. Tujuannya adalah agar tercipta budaya bersepeda yang healthy dan safety. Pada tahun 2021 ini juga akan dilaksanakan beberapa event kolaborasi antara Pengprov ISSI DKI dengan Dinas Perhubungan DKI

"Namun masih menyesuaikan situasi dan kondisi pandemi, khususnya di DKI yang masih menerapkan PSBB ataupun PPKM," ujar Novian.(OL-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat