visitaaponce.com

Pedagang Korban Kebakaran Pasar Gembrong Dapat Kios Sementara dan Bantuan Modal

Pedagang Korban Kebakaran Pasar Gembrong Dapat Kios Sementara dan Bantuan Modal
Warga memadamkan api yang membakar kios dan rumah di pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (24/4/2022).(Antara)

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan akan memberikan bantuan kepada pedagang korban kebakaran Pasar Gembrong. Bantuan tersebut berupa kios sementara bagi pedagang agar tetap bisa berjualan sementara kios yang mereka sewa hangus terbakar bakal direnovasi kembali oleh Perumda Pasar Jaya.

Anies mengatakan ada sekitar 40 kios pedagang yang ludes terbakar dalam peristiwa tersebut.

"Mereka disiapkan tempat berjualan di kawasan pasar. Tidak jauh dari sini sudah ada 40 kios yang disiapkan dan jumlah pedagangnya juga 40 yang terdampak. Jadi insyallah bisa langsung disiapkan di situ," kata Anies saat mengunjungi lokasi kebakaran, Senin (25/4).

Anies juga berjanji para pedagang bakal memberikan bantuan modal bagi para pedagang. Bantuan ini bervariasi nilainya dari mulai Rp2,5 juta.

"Plus diberikan juga bantuan nanti modal kerja untuk mereka yang terdampak agar mereka punya bekal awal, modal awal untuk memulai lagi apalagi ini menjelang akhir Ramadan yang sebenarnya perputarannya, perekonomiannya agak tinggi," tandasnya.

Ia memastikan, bantuan dari Pemprov DKI akan terus mengalir sesuai kebutuhan para pedagang maupun warga yang juga kehilangan tempat tinggal karena musibah kebakaran tersebut.

"Jadi kami di Pemprov DKI Jakarta tidak akan membiarkan warga sendirian dalam menghadapi musibah ini. Kami akan dampingi, kami akan bantu dan kami akan pastikan semua dukungan yang diperlukan bisa diberikan," pungkasnya.

Sebelumnya, kebakaran melanda permukiman di dekat Pasar Gembrong pada Minggu (24/4) malam. Api juga merembet menghanguskan puluhan kios Pasar Gembrong. Api baru bisa dipadamkan pada Senin (25/4) pukul 05.30. Diduga api bersumber dari korsleting listrik di salah satu rumah warga. (Put/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat