visitaaponce.com

Pertanian Hidroponik Solusi Ketahanan Pangan di Perkotaan

Pertanian Hidroponik Solusi Ketahanan Pangan di Perkotaan
Ilustrasi: hidroponik(Antara/Arnas Padda)

Pemanfaatan teknologi dalam proses peningkatan kualitas lingkungan dapat dirasakan melalui perkembangan teknik pertanian. Diantaranya, sistem pertanian hidroponik.

Wali Kota Tangerang Selatan ( Tangsel)  Benyamin Davnie mengapresiasi pelatihan hidroponik yang digelar di wilayahnya. Menurutnya, tren hidroponik saat ini khusus di perkotaan sangatlah tinggi, sehingga hidroponik bisa menjadi solusi meningkatkan potensi pertanian organik dan ketahanan pangan di perkotaan.

Nilai tambah lainnya, dengan menanam tanaman sistem hidroponik merupakan cara yang ramah lingkungan karena budidayanya tidak membutuhkan pestisida secara berlebihan. Serta, bisa menjadi solusi untuk berkebun di lahan yang sempit atau terbatas. "Jika kita sudah paham hidroponik bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan pangan sendiri," kata  Benyamin pada kegiatan Pelatihan Pembuatan Hidroponik di Pamulang Barat, Pamulang, Tangsel.

Kegiatan tersebut diikuti  warga Pamulang Barat, yang sebagian besar adalah ibu Rumah Tangga. Mereka  diharapkan dapat mengaplikasikannya di rumah masing-masing.

Benyamin menambahkan  proses penanaman ini memiliki banyak kemudahan. Mulai alat dan bahan yang mudah ditemukan serta perawatannya yang lebih sederhana dibandingkan teknologi lainnya.

Karena itu dia berharap kepada masyarakat dapat memanfaatkan teknologi ini. Sekaligus terus mengembangkan kemampuan dalam meningkatkan hasil tanam dari hidroponik.

Hemat dia  untuk memaksimalkan hidroponik, dapat digabungkan dengan perairan hidup. Misalnya.hidroponik bisa diisi oleh kolam ikan. Sehingga keberadaan hidroponik lebih maksimal dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat