visitaaponce.com

KM Lintas Armada Nusantara Tenggelam di Pelabuhan Pangkalbalam, 13 ABK Dievakuasi

KM Lintas Armada Nusantara Tenggelam di Pelabuhan Pangkalbalam, 13 ABK Dievakuasi
KM Lintas Armada Nusantara terbalik, 13 abk berhasil di evakuasi.(MI/Rendy Ferdiansyah)

KAPAL Motor (KM) Lintas Armada Nusantara di Kabarkan tenggelam di alur dalam Perairan Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang. Minggu (7/7) sekitar pukul 03.17 WIB.

Kakansar Pangkalpinang Bapak I Made Oka Astawa membenarkan KM Lintas Armada Nusantara terbalik di alur dalam perairan Pelabuhan Pangkalbalam.

Berdasarkan pengakuan ABK Kapal menurut Made, kejadianya berawal saat Lego jangkar di alur dalam pelabuhan pangkalbalam, tepatnya di depan KM Sentosa 12.

Baca juga : Ditemukan Bocah Tewas Mengapung di Perairan Tanjungpinang

Ia melanjutkan arus muara pangkalbalam pada saat kejadian sedang surut deras menyebabkan jangka kapal larat dan hanyut ke depan Haluan KM Sentosa 12. Nahkoda.

"Nakhoda sempat hidupkan mesin Kapal. Namun kondisi arus yang cepat menyebabkan kapal tidak sempat olah gerak hingga menabrak bagian depan haluan KM Sentosa 12 dan terbalik," kata Made.

Nahkoda kapal tersebut dikatakan Made menghubungi unsur maritim KSOP Pangkalbalam dan menginfokan kejadian tersebut ke Kansar Pangkalpinang untuk bantuan evakuasi.

"Kami memberangkatkan 1 tim rescue Menuju Last Known Position (LKP) kapal tersebut menggunakan RBB 01 Basarnas," ujarnya.

"Sebanyak 13 orang ABK beserta Nahkoda berhasil di selamatkan dan dievakuasi menuju Pelabuhan Pangkalbalam. Sementara kapal milik mereka yang alami kondisi tenggelam di alur pelayaran pangkalbalam akan di evakuasi oleh agen kapal bersama Pelindo agar alur pelayaran tidak mengalami gangguan," ungkapnya. (RF).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat