visitaaponce.com

Calon Bupati Ajak Warga Rawat Batanghari

Calon Bupati Ajak Warga Rawat Batanghari
Calon Bupati Ajak Warga Rawat Batanghari(DOK PRIBADI)

POTENSI alam melimpah yang dimiliki Kabupaten Batanghari, Jambi, harus dimanfaatkan secara bijak agar Batanghari mampu memberikan hasil alam yang berkelanjutan.

''Keberlanjutan lingkungan akan mendukung keberlanjutan ekonomi demi kehidupan anak-anak kita pada masa mendatang,'' kata salah satu calon kandidat Bupat Batanghari, Jambi, Camelia Puji Astuti saat berkunjung ke rumah-rumah warga di wilayah Batanghari, Jambi, Minggu (27/9).

Ia menyatakan semua pemangku kepentingan di Batanghari seperti warga, pemerintah, pengusaha serta industri, dan kelompok-kelompok penggerak masyarakat harus punya kesepakatan dan kemauan merawat Batanghari.

Camelia juga mengajak warga terus menjaga Batanghari. ''Batanghari harus kita perlakukan sebagai anak yang harus selalu kita rawat dan jaga, apalagi Batanghari memiliki keunikan sebagai daerah dengan potensi alam melimpah. Daerah perbukitan membuat Batanghari memiliki potensi untuk komoditas unggulan tertentu,'' tutur dia melalui rilis yang diterima Senin (28/9).

Lokasi geografis Batanghari memang memperlihatkan potensi yang besar untuk memasok komoditas pertanian. Sebagian besar wilayah Kabupaten Batanghari berada pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai. Batanghari dilalui dua sungai besar, yaitu Batang Tembesi dan Sungai Batanghari, termasuk di wilayah sungai seperti Sungai Dangun Bangko, Sungai Kayu Aro, Sungai Rengas, Sungai Lingkar, Sungai Kejasung Besar, dan Sungai Jebak.

Batanghari juga memiliki banyak anak sungai kecil yang tersebar merata di berbagai tempat seperti Sungai Singoan, Sungai Bernai, Sungai Mersam, Sungai Bulian, Sungai Kandang, Sungai Aur, dan Sungai Bacang.

''Tentu ini memperlihatkan Batanghari merupakan wilayah yang kaya air. Ini anugerah Tuhan yang harus dirawat. Tanpa sungai–sungai tersebut, komoditas pertanian unggulan Batanghari belum tentu punya keunggulan komparatif,'' katanya.

Itu sebabnya, sebagai calon kandidat Bupati, Camelia merasa perlu mendorong warga agar ikut merawat Batanghari. ''Air sebagai kekayaan alam sudah seharusnya juga dirawat dan dikembangkan untuk menjadi kekayaan ekonomi dan sosial. Inilah salah satu arah dan kekuatan Batanghari ke depan yang harus dikuatkan,'' pungkas Camelia. (RO/H-2)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Admin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat