visitaaponce.com

Siswa Jakarta Belajar Seni Budaya di Omah Wayang Klaten

Siswa Jakarta Belajar Seni Budaya di Omah Wayang Klaten
MI/Djoko Sardjono(MI/Djoko Sardjono)

SISWA SMA Negeri 60 Jakarta mengadakan kegiatan ekstrakulikuler di Sanggar Kebon Omah Wayang Jombor,  Klaten Selatan, Jawa Tengah, 10-11 Januari 2019.

Dari laporan pihak panitia sekolah, tujuan diadakan kegiatan ekstrakulikuler untuk mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuan anak didik di bidang nonakademik.

Dalam kegiatan nonpelajaran formal tersebut, para siswa diajarkan tatah sungging wayang kulit, membuat topeng dan jablak, serta seni tari dan karawitan.

Baca juga : Yuk, Mengenal Jenis-Jenis Wayang

"Sebanyak 21 siswa asal Jakarta itu antusias mengikuti pembelajaran seni budaya di Omah Wayang," kata Joko Krisnanto, pengelola sanggar tersebut, Kamis (10/1).

Bahkan, Zahra Muthia, siswa kelas 11, menyatakan senang bisa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di bidang seni budaya Jawa. Karena, banyak manfaatnya.

"Jelas, melalui kegiatan nonpelajaran formal ini dapat membentuk karakter, bakat, dan kemampuan siswa yang selama ini seakan terabaikan," ujarnya.

Sanggar Omah Wayang Jombor, Klaten Selatan, itu juga mengelola kegiatan pelatihan dan pendidikan bidang seni tari, sinden, karawitan, dan dalang anak. (OL-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dwi Tupani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat