visitaaponce.com

Mahasiswa Uncen Dilibatkan dalam Pelestarian CA Cycloop

Mahasiswa Uncen Dilibatkan dalam Pelestarian CA Cycloop
CA Cycloops(ist)

PENANAMAN pohon menjadi salah satu upaya menjaga dan melestarikan Cagar Alam (CA) Cycloop, sehingga bisa terlindung dari ancaman banjir dan longsor.

Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura Apolo Safanpo akan melibatkan mahasiswanya dalam upaya tersebut.

"Penanaman pohon bisa dilakukan siapa saja termasuk juga mahasiswa kami, masyarakat dan organisasi di masyarakat yang tujuannya untuk menjaga kelestarian alam di sekitar," katanya di Kota Jayapura, Papua, Rabu (3/4).

Baca juga : Pemerintah Tetapkan Pemenang Blok Migas di Bobara Papua Barat

Namun, lanjut dia, hal terpenting dan utama adalah membuat kajian yang baik dan benar terkait jenis tumbuhan atau pohon yang tepat untuk ditanam di CA Cycloop dengan harapan bisa mempercepat perlindungannya dari erosi di kala hujan.

"Ini karena Cycloop memiliki jenis tanah yang unik, jenis struktur batuan dan lapisan geologi yang berbeda dan miliki batuan-batuan besar, sehingga harus ada kajian tentang tumbuhan yang cocok tumbuh di situ, yang akarnya bisa mengikat semua batuan," tuturnya.

Apolo menegaskan kajian diperlukan agar tidak salah melakukan penanganan untuk pelestarian dan perlindungan CA Cycloop.

Baca juga : TNI Kirim Helikopter untuk Bantu Evakuasi Logistik Pemilu di TPS Terisolir di Teluk Wondama, Papua Barat

"Karena orang bijak bilang, manusia sering gagal karena dua hal. Pertama, manusia berpikir tanpa bertindak. Kedua manusia bertindak tanpa berpikir. Tindakan dan pikiran ini harus bersatu, sehingga ada langkah yang solutif dan tepat," tukasnya.

Apolo menambahkan penanganan CA Cyloop bukan hanya menjadi tanggung jawab satu dua pihak, tetapi semua elemen masyarakat ikut bertanggung jawab menjaga dan melestarikannya.

"Jadi, kalau keterlibatan sudah pasti, Uncen siap. Cuma harus diingat perlu suatu kajian untuk tumbuhannya. Ini harus melibatkan pihak Kehutanan, BBKSDA, Sosial, aparat keamanan dan lainnya," pungkasnya.(OL-5)  

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat