visitaaponce.com

SMA Taruna Indonesia Palembang Dilarang Terima Siswa Baru

SMA Taruna Indonesia Palembang Dilarang Terima Siswa Baru
Gubernur Sumsel Herman Deru memutuskan SMA Tarunan Indonesia tidak boleh menerima siswa pada TA 2020-2021.(MI/Dwi Apriani )

SMA Taruna Indonesia Palembang dilarang oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan menerima siswa baru untuk tahun ajaran 2020-2021. Ini merupakan buntut dari tewasnya dua siswanya saat masa orientasi sekolah (MOS).  

Senin (5/8), Gubernur Sumsel Herman Deru mengeluarkan sanksi ini setelah dilakukannya investigasi oleh Dinas Pendidikan Sumsel, Dewan Pendidikan Sumsel, dan stakeholder pendidikan di Sumsel. Investigasi dilakukan selama sepekan lebih.

''Tindakan yang kita ambil, kita beri hukuman atau sanksi tidak boleh menerima siswa baru. Jika setelah setahun itu sekolah ingin mengajukan pengaktifan untuk menerima siswa baru, maka kita akan kembali menurunkan tim,'' ucapnya.

Tim ini, kata dia, akan mengevaluasi proses penerimaan siswa sesuai atau tidaknya dengan SOP yang ada. ''Mulai saat ini juga, SMA Taruna Indonesia Palembang harus menghentikan kegiatan belajar mengajar yang bersifat semimiliter. Saya nyatakan itu dilarang dan sekolah jalan saja seperti layaknya sekolah biasa. Namun kalau soal atribut ya silahkan saja,'' jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada dinas pendidikan dan badan akreditasi untuk meninjau ulang akreditasi sekolah tersebut. ''Siswa yang saat ini sudah ada, ya silahkan berjalan seperti biasa,'' jelasnya.

Herman Deru menegaskan, temuan investigasi terlalu banyak. Di antaranya, banyak persyaratan yang tidak terpenuhi terkait sistem orientasi siswa.

''Persoalan pidana kita serahkan pada polisi, jaksa dan pengadilan. Tegas ini. Artinya setelah satu tahun sanksi ini dijalankan dan syarat-syarat tidak dipenuhi, maka itulah saatnya mereka harus menutup dengan sendirinya,'' tandasnya. (DW/OL-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat