visitaaponce.com

Pandemi tak Mampu Bendung Ekspresi Cinta NKRI di Larantuka

Pandemi tak Mampu Bendung Ekspresi Cinta NKRI di Larantuka
Nola, Siswi kelas 2 SDK La Mennais(MI/Alexander P Taum)

BERBUSANA layaknya pejuang biasanya hadir dalam kegiatan karnaval memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Akan tetapi, pada HUT ke-76 RI kali ini, kegiatan berdandan ala pejuang hanya sebatas tampil di rumah saja.

Nola, Siswi Kelas 2 SDK La Mennais, Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, tampak gagah. Seperti pejuang jaman kemerdekaan dahulu, kepalanya berhias kain merah putih. Tak lupa Bendera merah putih di genggamnya. Putri cilik ini pun semakin menarik dengan mengenakan sarung tenunan khas Larantuka.

Ia tampak terampil menggunting, merekatkan dan membentuk pola dengan nuansa merah putih. Semua aktivitas itu divideokan. Ia kemudian berganti kostum yakni seragam merah putih lalu membaca puisi karangan sang ibunda. Puisinya bertema kemerdekaan NKRI ke 76.

Biasanya, sistem daring di sekolah dasar itu dipergunakan hanya untuk belajar, namun jelang peringatan HUT ke-76 RI, para Guru di SD tersebut menggantinya dengan kegiatan bernuansa kebangsaan.

Begitu dahsyatnya pandemi covid-19 sampai-sampai mengubah tata cara para siswa di SDK La Mennais Larantuka merayakan hari kemerdekaan Negara. Biasanya ada karnaval dan perlombaan meriah dan massal.

Baca juga:  HUT ke 76 RI: Presiden Jokowi Doakan Arwah Para Pahlawan

Beruntung, teknologi informasi mendukung pola komunikasi para siswa dengan gurunya. Pandemi Covid-19 pun tidak mampu menghalangi para siswa untuk mengekspresikan rasa syukur atas hari kemerdekaan NKRI ke-76.

Tak hanya Nola, Siswa kelas 1 Sampai kelas 6 di SDK Le Mennais lainnya mendapat tugas serupa, mengekspresikan kecintaan merka kepada NKRI. Jadilah, ratusan siswa di sekolah itu beramai-ramai mengenakan busana bertema kebangsaan dari rumah masing-masing.

Guru Wali Kelas Dua SDK La menais Servasius Demon Da Santo menjelaskan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyemarakkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 sekaligus untuk meningkatkan rasa nasionalisme para peserta didik.

"Di sekolah kami tepatnya SDK La Mennais sudah memulai perlombaan dalam  memeriahkan HUT RI ke 76 dengan tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Untuk lomba ini semua anak-anak terlibat dalam segala kreativitasnya. Semua orangtua sangat mendukung kegiatan ini walaupun tidak seefektif seperti pada tahun-tahun kemarin sebelum covid," kata Servasius.

Adapun kegiatannya yaitu untuk kelas 1-3 yakni membuat kartu ucapan kemerdekaan, membaca puisi dan bernyanyi lagu kemerdekaan dengan gerakan sesuai kreasi anak-anak. Sedangkan untuk anak-anak kelas 4-6, membuat kartu ucapan atau poster kemerdekaan, bercerita seputar kemerdekaan RI, dan bernyanyi lagu kemerdekaan dengan gerakan sesuai kreasinya. Semuanya divideokan dan dikirim untuk dinilai para guru.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat karena bisa merangsang kreativitas anak-anak ditengah pandemi ini," ujar Servasius.

Servasius berharap wabah virus korona cepat berlalu supaya segala aktivitas berjalan efektif dan sesuai harapan.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat