visitaaponce.com

Kapal Wisatawan Asal Kanada Karam di Perairan Lingga Kepri

Kapal Wisatawan Asal Kanada Karam di Perairan Lingga Kepri
EMPAT wisatawan asal Kanada dievakuasi SAR gabungan di Perairan Lingga Kepulauan Riau.(Metro TV/Panca Bramasto)

EMPAT wisatawan asal Kanada dievakuasi SAR gabungan di Perairan Lingga Kepulauan Riau setelah kapal yatch yang mereka tumpangi mengalami kerusakan mesin akibat kemasukan air. Mesin memang masih hidup namun tidak bertenaga.

Keempat korban yang belakangan diketahui satu keluarga itu bernama Jeremy Graham (laki-laki), Tasha Adina (perempuan), Tefarah Amnika (perempuan), dan Seneika Jada (perempuan).

Awalnya, nelayan setempat melihat kapal yatch yang ditumpangi empat wisatawan itu terombang-ambing di tengah laut, kemudian ada nelayan yang menghubungi petugas SAR dan TNI Angkatan laut untuk meminta pertolongan.

Semula kapal yatch ini berlayar dari Malaysia dengan tujuan Pelabuhan Jakarta pada Selasa (1/2/2022) sekitar pukul 15.00 WIB. Setibanya di Perairan Kabupaten Lingga, kapal mengalami kerusakan mesin hingga mereka tidak bisa melanjutkan pelayaran.

Tim gabungan meliputi Kantor SAR Tanjungpinang, Unit Siaga SAR Lingga, Polair Polda Kepri, TNI AL, BPBD, Imigrasi, dan masyarakat setempat langsung bergerak menuju lokasi kejadian kecelakaan (LKK) sekitar pukul 18.30 WIB.

“Mereka memiliki dokumen resmi (legal) untuk aktivitas berlibur di Indonesia, selanjutnya mereka menunggu perbaikan kapal dari tim teknisi kapal," kata Komanda Pangkalan TNI AL (Danlanal) Dabo Singkep Letkol Laut Didik Hermawan di Kepulaun Lingga.

Kini keempat wisatawan Kanada tersebut telah ditempatkan di Mako Lanal Dabo Singkep untuk menjalani pemeriksaan kesehatan lebih lanjut. “Keempat wisatawan ini sudah kita lakukan pengecekan kesehatan dan general check-up," lanjutnya.

Sebagai informasi, data kapal tersebut bernama Gitana, jenis Sailing Yacht tahun 1979, Vall Sing 9MDT, GY 9, ukuran 56 kaki, bahan Fiberglass, dan mesin BHP Of Main 59.66. (Ypb/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat