visitaaponce.com

Daerah Kepulauan dan Pesisir Masa Depan Indonesia Maju

Daerah Kepulauan dan Pesisir Masa Depan Indonesia Maju
Acara pelantikan anggota Aspeksindo(Dok. Aspeksindo)

DAERAH kepulauan dan pesisir merupakan masa depan strategis bagi Indonesia maju. Indonesia memliki sebanyak 333 daerah kepulauan dan pesisir..

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) Andi Harun mengatakan alasan daerah kepulauan dan pesisir merupakan masa depan Indonesia maju karena sedikitnya terdapat 11 sektor ekonomi kelautan yang dapat dikembangkan saat ini. Sektor ekonomi kelautan itu menyertai sebanyak 127 juta masyarakat Indonesia di pesisir.

"Sebanyak 11 sektor itu yakni perikanan tangkap, perikanan budi daya, industri pengolahan hasil perikanan, industri bioteknologi kelautan, pertambangan dan energi, pariwisata bahari, kehutanan, perhubungan laut, sumber daya pulau-pulau kecil, industri jasa maritim, dan sumber daya alam nonkonvensional," ujar Andi yang juga Wali Kota Samarinda itu dalam keterangan tertulis, Jumat (25/2).

Selain itu, kata dia, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki posisi geografis yang sangat strategis. Pulau resmi tercatat sebanyak 16.056 pulau dan garis pantai sepanjang 99.093 km persegi. Luas daratan mencapai 2.012 juta km persegi dan laut sekitar 5,8 juta km persegi atau ekuivalen dengan 75,7% wilayah Indonesia. 

 

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Babel Terus Melonjak

 

Sekitar 2,7 juta km persegi luas laut Indonesia termasuk dalam zona ekonomi eksklusif. "Laut Indonesia memiliki potensi sangat besar baik dari segi kekayaan alam maupun jasa lingkungan yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan ekonomi pada tingkat lokal, regional, nasional bahkan internasional," jelasnya.

Dia menekankan Aspeksindo secara solid mendorong kemajuan Indonesia dari pinggiran. Kekuatan Aspeksindo dengan anggota sekitar 333 daerah kepulauan dan pesisir akan menentukan arah pembangunan nasional di masa depan.

Andi Fajar Asti selaku ketua panitia pelaksana pelantikan anggota Aspeksindo pada Kamis (24/2) menyampaikan bahwa ke depan organisasi tersebut sudah saatnya go international. "Karena itu pada kesempatan rangkaian acara pelantikan kali ini kami akan mengadakan MOU dengan Utusan Khusus Negara Seychelles dalam rangka pembangunan di sektor maritim," ungkap Fajar.

Selain itu Andi Fajar Asti menyampaikan pentingnya peran Aspeksindo dalam menggerakkan generasi milenial dalam mendorong isu maritim. "Tidak kalah penting kami rasa di era bonus demografi saatnya ini kita memaksimalkan peran generasi muda dalam mendorong isu maritim. Karena itu Aspeksindo menggelar Sekolah Duta Maritim yang pesertanya merupakan perwakilan dari seluruh provinsi dan saat ini juga kami melibatkan dalam pelantikan Aspeksindo," lanjut Fajar yang juga merupakan Direktur Eksekutif Aspeksindo. (RO/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Msyaifullah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat