visitaaponce.com

Dua Desa di Bandung Barat Diterjang Longsor

Dua Desa di Bandung Barat Diterjang Longsor
Ilustrasi tanah longsor(DOK.MI)

SEJUMLAH rumah di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, terdampak longsor, Selasa (6/9) malam. Bencana alam itu pun menyebabkan akses jalan antardesa terputus.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat menyebut, belasan rumah yang mengalami kerusakan berada di wilayah Desa Bojongsalam dan Desa Cicadas.

"Dampak dari longsor mengakibatkan akses jalan Kampung Cipiring, Desa Cicadas terputus, lima rumah terancam longsor serta sekitar 10 rumah terdampak material longsor," kata Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo, saat dihubungi di Padalarang, Bandung Barat, Rabu (7/9).

Duddy menjelaskan, longsor tersebut dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung Barat bagian selatan sejak Selasa sore.


Baca juga: Mensos Dorong Sigi Bangun Lumbung Logistik


"Longsor diakibatkan curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur selama dua jam tadi malam di wilayah itu," terang Duddy.

Dari hasil asesmen sementara, longsor tersebar di empat kampung, di antaranya Kampung Cipiring RT 01 RW 12, Kampung Citiis 02 RW 11 Desa Cicadas serta Kampung Nenggel RW 15, Cangkuang RW 10 Desa Bojongsalam.

Duddy memastikan, dalam peristiwa itu tidak menyebabkan timbulnya korban. Pihaknya mengimbau masyarakat mewaspadai potensi bencana alam sebab dalam beberapa hari terakhir terjadi hujan yang cukup deras di beberapa wilayah.

"Hanya menimbulkan kerugian materi, rumah-rumah warga rusak, serta ada rumah yang terancam longsor susulan. Kalau untuk korban jiwa tidak ada," jelasnya. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat