visitaaponce.com

Lestari Moerdijat Salurkan KIP Kuliah Kepada 500 Mahasiswa di 3 Kabupaten

Lestari Moerdijat Salurkan KIP Kuliah Kepada 500 Mahasiswa di 3 Kabupaten
Perwakilan Anggota DPR RI Lestari Moerdijat saat silaturahmi bersama mahasiswa penerima KIP-Kuliah di Kantor DPD Nasdem Kudus, Minggu (18/9(MI/Jamaah)

SEBANYAK 500 mahasiswa di Kabupaten Kudus, Jepara, dan Demak menerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah melalui jalur aspirasi masyarakat dari Anggota DPR RI Lestari Moerdijat. Para mahasiswa penerima KIP-Kuliah diminta untuk semaksimal mungkin dalam menempuh pendidikan perguruan tinggi.

"Para mahasiswa penerima KIP-Kuliah jalur aspirasi masyarakat yang direkomendasikan Ibu Lestari Moerdijat selaku Anggota DPR RI Komisi X ini ada sebanyak 500 mahasiswa di Kudus, Demak, dan Jepara," kata Naila Fitria Tenaga Ahli Anggota DPR RI Lestari Moerdijat saat silaturahmi bersama mahasiswa penerima KIP-Kuliah di Kantor DPD Nasdem Kudus, Minggu (18/9) sore.

Pihaknya menginformasikan bahwa adanya beasiswa KIP-Kuliah program Kemendikbud RI melalui jalur aspirasi masyarakat. Lestari Moerdijat melalui tenaga ahlinya berharap para mahasiswa penerima KIP-Kuliah dapat memaksimalkan program studi yang ditempuh selama delapan semester yang dibayai gratis oleh Pemerintah.

"Mereka para mahasiswa nantinya kuliah gratis hingga semester delapan. Nanti setiap bulannya mendapatkan uang saku Rp800 ribu selama empat tahun dibayarkan per enam bulan sekali," jelas Naila.

"Sebenarnya mahasiswa penerima KIP-Kuliah ini ada syaratnya, selama perkuliahan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) tidak kurang dari 3. Jadi harus semangat belajar dan aktif. Kalau kurang nanti bisa dicoret dari data penerima," terangnya.

Pihaknya berharap, bantuan beasiswa KIP-Kuliah ini mampu membantu masyarakat untuk mengurangi beban orang tua dalam melanjutkan pendidikan anaknya keperguruan tinggi. Naila menyebut, orientasi orang tua saat ini agar anak-anaknya yang lulus dari SMA/SMK sederajat tidak langsung bekerja, tapi bagaimana mereka masih bisa berkesempatan untuk kuliah.

"Kedepannya bukan hanya meningkatkan kualitas masyarakat dalam sisi pendidikan, tetapi juga meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada di Demak Kudus dan Jepara dengan beasiswa KIP-Kuliah," sambungnya.

Salah satu penerima beasiswa KIP-Kuliah Maulina Rizka mengaku sangat bersyukur dapat melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Universitas Muria Kudus (UMK) secara gratis. Ia tak menyangka jika apa yang diharapkan orang tua agar dapat melanjutkan ke perguruan tinggi dapat tercapai.

"Saya sangat bersyukur sekali bisa kuliah dibantu lewat jalu bu Rerei ini. Karena orang tua hanya bekerja sebagai buruh dan ibu ikut orang menjahit, ini sangat membantu orant tua kami dan saya berterimakasih pada bu Rerei untuk kuliah gratis di UMK," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Sandiaga Bantu Penjahit yang Biayai Sekolah Anak-anak Disabilitas di Pekanbaru

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat