visitaaponce.com

Angkat Tema Warisan Budaya Minahasa, KKB Wenas Gelar Acara Silaturahmi

Angkat Tema Warisan Budaya Minahasa, KKB Wenas Gelar Acara Silaturahmi
Acara silaturahmi Kerukunan Keluarga Besar Wenas.(Dok.KKB Wenas)

KEBUDAYAAN merupakan warisan nonbenda yang harus dilestarikan agar bisa dinikmati anak cucu. Berangkat dari situ, dengan mengangkat tema yang berhubungan dengan warisan budaya Minahasa, Kerukunan Keluarga Besar Wenas atau yang lebih dikenal dengan sebutan KKB Wenas mengadakan temu kangen dan silaturahmi, di kediaman Ketua Umum KKB, Tony Wenas pada Sabtu (1/10).

KKB Wenas merupakan komunitas keluarga yang memiliki garis keturunan Minahasa Sulawesi Utara yang membawa nama belakang keluarga Wenas. KKB Wenas yang dipimpin Presdir Freeport, Tony Wenas sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dan kebersamaan.

Shirley Wenas selaku Sekjen dari KKB Wenas menjelaskan bahwa kegiatan itu selalu dilakukan setiap tahun pada momen perayaan Natal dan Tahun Baru. Namun, karena situasi pandemi selama kurun waktu dua tahun, kegiatan ini tidak bisa digelar.

“Pada pertemuan kali ini, pengurus KKB Wenas mengangkat tema yang berhubungan dengan warisan budaya Minahasa yang tidak saja berupa kekayaan alam dan kekayaan seni seperti indahnya kain tenun Bentenan, kain tenun Pinawetengan dan Kebaya Kerancang Minahasa, tetapi juga kekayaan karakter dari pribadi orang Minahasa yang terkenal begitu hangat penuh keakraban," ujar Shirley Wenas. Selain itu, pihaknya mengundang dua pembicara yang ahli menjelaskan tentang tema itu, yakni  Nancy Martasuta.

“Kali ini kegiatan kami tidak saja temu kangen atau silaturahmi setelah dua tahun absen pertemuan, tetapi ketua  memberi arahan  dan masukan agar kami juga mulai peduli kepada budaya lokal Indonesia khususnya budaya Minahasa yang dikenal sangat beragam dan penuh kreatifitas," kata Shirley Wenas.

Ia pun berharap agar kebersamaan yang telah kembali akan menumbuhkan kepedulian antarsesama anggota sebagai individu dan sebagai warga negara Indonesia yang mencintai budaya leluhur dan rindu menjadikan budaya Minahasa menjadi salah satu budaya yang mengharumkan bangsa di mata dunia. (RO/A-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat