visitaaponce.com

Parigi Moutong Target Turunkan Stunting 26 Persen di 2023

Parigi Moutong Target Turunkan Stunting 26 Persen di 2023
Ilustrasi(Dok MI)

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menargetkan penurunan angka stunting 26 persen pada 2023.

Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai mengatakan, angka stunting di Parigi Moutong setiap tahun mengalami penurunan. Namun, angka penurunannya hanya dua sampai tiga persen. “2021 angka stunting 31,4 persen, mengalami penurunan pada 2022 menjadi 29 persen,” terangnya, Senin (10/10).

Badrun menjelaskan, berdasarkan data yang dirilis Global Nutrition Report tahun 2018, Indonesia berada pada urutan kelima tertinggi dalam kasus stunting yang mencapai 30,8 persen.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka pemerintah pusat melalui peraturan presiden nomor 12 tahun 2021 tentang rencana aksi nasional percepatan penurunan angka stunting di Indonesia pada tahun 2021 sampai 2024. “Oleh karena itu, seluruh kepala daerah, termasuk kami di Parigi Moutong melakukan intervensi agar bisa menurunkan angka stunting tersebut. Target kami 2023 turun menjadi 26 persen,” tegasnya.

Badrun menyebutkan, penurunan angka stunting menjadi perhatian serius pemerintah Parigi Moutong. “Dan dalam penanganan stunting semua pihak harus terlibat,” ujarnya.

Badrun yang juga sebagai ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) akan mengunjungi 23 kecamatan di kabupaten itu guna melakukan rapat koordinasi untuk menurunkan angka stunting.

“Kita harus membangun komitmen bersama pemerintah desa, kelurahan, dan kecamatan sehingga bisa menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan terintegrasi serta membangun komitmen publik,” tandasnya. (OL-12)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat