visitaaponce.com

Jalur Alternatif di Cianjur Disiapkan Antisipasi Kemacetan Libur Nataru

Jalur Alternatif di Cianjur Disiapkan Antisipasi Kemacetan Libur Nataru
Volume kendaraan yang melintas di sekitar TMC Satlantas Polres Cianjur atau di Tugu Bundaran Lampu Gentur di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,(MI/beben)

SEJUMLAH ruas jalur alternatif di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, disiapkan mengantisipasi kepadatan volume kendaraan menjelang malam pergantian tahun. Terutama di jalur utama wisata di kawasan utara Kabupaten Cianjur.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Aris Haryanto, menuturkan upaya rekayasa lalu lintas sudah dikoordinasikan dengan Satlantas Polres Cianjur selama Operasi Lilin Lodaya dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Selain memberlakukan ganjil genap kendaraan, terutama ke arah Puncak, juga menyiapkan jalur alternatif sebagai buangan saat volume
kendaraan meningkat.

"Jalur alternatif yang biasa digunakan berada di kawasan Puncak karena merupakan favorit. Jadi, akan banyak akses kendaraan yang harus kita alihkan untuk mengantisipasi kemacetan," terang Aris, Minggu (25/12).

Satu di antara jalur alternatif dari arah Jakarta atau Bogor menuju ke Cianjur atau Bandung akan dialihkan ke Hanjawar. Jalur alternatif ini mengarah ke Kota Bunga, Sukaresmi, Mariwati, hingga tembus ke Cinangsi di Kecamatan Cikalongkulon.

"Kalau dari Sukabumi ke Cianjur atau ke Bandung jalur alternatifnya kami arahkan dari perempatan Warungkondang ke Cilaku hingga tembus ke Terminal Pasirhayam. Kemudian kendaraan yang akan mengarah ke Bandung bisa masuk ke jalur alternatif Pasar Beas hingga keluar di Tungturunan," sebutnya.

Jalur-jalur alternatif tersebut difungsikan tak hanya saat momen libur Nataru, tapi juga saat Idulfitri. Dari beberapa titik ruas jalur alternatif, sebut Aris, hasil rapat koordinasi lintas sektoral, informasi dari Dinas PUTR menyebut saat ini sedang dalam tahap pemeliharaan.

"Salah satunya ruas Mariwati hingga ke Cinangsi. Saat ini sedang ada penambalan-penambalan, terutama menghadapi libur Tahun Baru. Kondisi jalannya tidak rusak parah, jadi perbaikan ditambal," ucapnya.

Perlu diperhatikan juga lebar jalan alternatif yang notabene cukup kecil. Sehingga perlu ada petugas yang mengatur. "Jalannya memang ada yang sempit," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Polda Jateng: Perayaan Natal 2022 di Jateng Aman Lancar

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat