visitaaponce.com

Bandara Komodo Siap Sambut Pelaksanaan KTT ASEAN Ke-42

Bandara Komodo Siap Sambut Pelaksanaan KTT ASEAN Ke-42
Pelancong menunggu barang dimasukkan ke mobil saat tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, NTT.(MI/Raja Suhud)

MENJELANG berlangsungnya KTT ASEAN Ke-42, Mei 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan fasilitas sarana prasarana Bandara Komodo.

Persiapan itu guna mendukung kelancaran penerbangan mulai dari kedatangan sampai kepulangan para delegasi dan tamu negara KTT ASEAN.

"Kami telah meninjau langsung ke Bandara Komodo, beberapa skema dukungan operasional akan dilakukan agar penerbangan nantinya berjalan lancar," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara M Kristi Endah Murni dalam keterangan resmi, Selasa (24/1).

Baca juga: Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa, Presiden: Kita Harus Tingkatkan Perdagangan dan Investasi

Saat ini, Bandara Komodo memiliki panjang runway 2.650 meter dan lebar 45 meter yang dapat melayani pesawat tipe A320 dan B738. 

Untuk luas apron mencapai 31.000 meter persegu untuk 7 parking stand dengan rincian empat pesawat narrow body atau berbadan sempit dan tiga pesawat propeller.

Bandara ini juga memiliki terminal penumpang seluas 13.366 meter persegi, yang dapat memuat penumpang hingga 1.100.000 pertahunnya.

Sebagai upaya antisipasi, Kemenhub menyiapkan bandara alternatif terdekat dengan Bandara Komodo sebagai tempat parkir pesawat para delegasi, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bandara Lombok Praya, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar dan Bandara El Tari di Kupang.

Selain beberapa fasilitas tersebut, sejumlah fasilitas pendukung lain juga tengah disiapkan untuk mendukung kegiatan KTT ASEAN, meliputi fasilitas pemeriksaan Custom, Imigration and Quarantine (CIQ) dan fasilitas helipad untuk evakuasi medis.

Lebih lanjut, Kristi memerintahkan Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali untuk melakukan koordinasi dan kerja sama dengan seluruh pihak terkait agar memastikan kelengkapan sarana dan prasarana di Bandara Komodo guna mendukung gelaran KTT ASEAN.

"Saya berharap kita dapat membawa nama baik Indonesia di mata internasional dan memperkenalkan wisata di Labuan Bajo agar lebih menarik," pungkasnya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat