visitaaponce.com

Jalan Tol Trans Sumatra Siap Jelang Mudik Lebaran

Jalan Tol Trans Sumatra Siap Jelang Mudik Lebaran
Salah satu ruas di Jalan Tol Trans Sumatra(MI/DWI APRIANI)

PT Hutama Karya (Persero) memastikan bahwa ruas tol sepanjang 596 kilomter di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikelola perusaaannya telahsiap untuk dilintasi pemudik.

Ruas-ruas tersebut di antaranya Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 Km, Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 Km, Ruas Palembang-Indralaya sepanjang 21,9 Km, Ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 Km, Ruas Medan-Binjai sepanjang 17,3 Km, Ruas Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat) sepanjang 11,8 Km, dan Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 2, 3 & 4 (Seulimeum- Blang Bintang) sepanjang 35,8 Km. Selain itu dua ruas yang baru saja dioperasikan di akhir tahun lalu yaitu Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 1 (Pekanbaru-Bangkinang) sepanjang 31 Km dan Ruas Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,8 Km.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan dengan bertambahnya ruas-ruas baru yang beroperasi di tahun ini semakin menambah panjang jalur mudik yang dapat dilalui oleh masyarakat.

Pada musim mudik tahun 2019 sebelum pandemi, JTTS yang beroperasi baru
mencapai 329 Km. Kini panjang JTTS telah mencapai 597 Km atau bertambah 268 Km dalam kurun waktu 4 tahun.

"Dengan semakin panjangnya ruas tol yang beroperasi, maka minat pemudik
dari tahun ke tahun semakin meningkat dan berpotensi menyebabkan lonjakan lalu lintas," kata dia.


Rest area


Karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu memastikan kecukupan saldo
sebelum memulai perjalanan agar tidak menyebabkan antrian di gerbang tol. Selain itu juga memastikan fisik dalam kondisi prima sebelum mengemudi.

"Jika merasa mengantuk atau lelah untuk segera beristirahat di rest area yang telah disediakan, dikarenakan microsleep menjadi faktor yang cukup krusial di jalan tol. Utamanya pada 2 ruas terpanjang saat memulai perjalanan di JTTS yakni ruas tol Bakter (140km) dan Terpeka (189km)," tuturnya.

Hutama Karya telah menyiapkan sebanyak 21 rest area dengan fasilitas
lengkap di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Kapasitas parkir lebih dari 3.000 kendaraan, 1.106 toilet, 659 toilet tambahan, 11 lokasi SPBU, dan 6
lokasi SPKLU. Selain itu juga 4 rest area sementara di ruas Pekanbaru- Dumai dengan fasilitas yang tidak kalah lengkap dari rest area permanen.

Di tahun ini, Hutama Karya juga menyiapkan sejumlah ruas tol yang akan
dioperasikan secara fungsional diantara lainnya yaitu Ruas Sigli - Banda Aceh Seksi 5 & 6 (Blang Bintang- Baitussalam) sepanjang 13 Km, Ruas Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 2 (Stabat - Kuala Bingai) sepanjang 7,9 Km dan Ruas Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 Km.

"Rencananya untuk ruas-ruas tersebut ditargetkan akan dioperasikan secara fungsional mulai 15 April hingga 30 April 2023. Namun saat ini kami masih mempersiapkan segala fasilitas dan pelayanannya agar dapat sesuai dengan standar yang berlaku. Khusus untuk Ruas Indralaya-Prabumulih khususnya KM 66-KM 73 akan diberlakukan skema contraflow," tambahnya.

Hutama Karya telah siaga dalam persiapan berbagai aspek yang ada di jalan tol yang dikelola, dari mulai peningkatan kualitas jalan tol, keamanan, operasional, transaksi maupun strategi anti-macet saat akan terjadi lonjakan kepadatan yang signifikan, sehingga pemudik tidak perlu khawatir untuk memilih JTTS sebagai alternatif jalur mudik.

Sementara itu, EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo mengatakan pihaknya telah menyosialisasikan tarif JTTS yang dikelola oleh perusahaan.

"Sementara untuk tiga ruas tol lainnya, Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6,
Stabat Kuala Bingai dan Indralaya-Prabumulih belum bertarif," kata dia.

Ketiga ruas JTTS tersebut belum bertarif karena akan dibuka fungsional
selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Sementara estimasi akumulasi tarif tol Lampung-Palembang, mulai dari Pelabuhan Bakauheni hingga Kramasan mencapai Rp339.000.

"Biaya tol Rp339 ribu, itu hasil kalkulasi lewat Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung yang dikelola Hutama Karya dengan tarif Rp289 ribu. Sementara melalui Tol Kayuagung-Kramasan yang dikelola oleh Waskita Toll Road dengan tarif Rp50 ribu untuk kendaraan golongan 1," pungkasnya. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat