visitaaponce.com

Didukung PT Agincourt Resources, Pemkab Tapanuli Selatan Dirikan Bank Sampah

Didukung PT Agincourt Resources, Pemkab Tapanuli Selatan Dirikan Bank Sampah
Warga bersama petugas bank sampah Bougenville memilah sampah di Komplek Perumahan Deppen, Pemancar, Kota Depok, Jawa Barat(ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

PEMERINTAH Kabupaten Tapanuli Selatan mendorong pendirian bank sampah di daerahnya dengan menggandeng PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe.

Ongku Muda Atas, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tapanuli Selatan
(Tapsel), mengatakan salah satu koperasi binaan dinasnya, Koperasi
Imajinasi Cerdas Berkarya, telah berhasil mendirikan bank sampah.

Bank sampah bernama Naposo Hamubaon itu didirikan dan dioperasikan dengan melibatkan PTAR. Bank sampah berada di Desa Wek IV, Kecamatan Batangtoru.

Dalam aktivitasnya, Naposo Hamubaon memanfaatkan fasilitas pemilahan sampah milik PTAR. Diharapkan pendirian bank sampah ini diiikuti elemen masyarakat lain di daerahnya. Ini merupakan pengembangan program pengelolaan sampah berbasis social entrepreneurship.

Dia yakin bank sampah dapat berkontribusi signifikan mengurangi volume
sampah di daerahnya yang sekitar 15% di antaranya adalah sampah plastik. "Tantangan kita, yang sebesar 15% ini bisa dikolaborasikan dengan semua pemangku kepentingan di Tapsel untuk mengurangi beban plastik."

Ongku mengapresiasi PTAR yang telah mempraktikkan ekonomi sirkular dengan mengoperasikan fadilitas WSF. Fasilitas tersebut mampu meningkatkan volume daur ulang sampah plastik pada 2022 hingga 64% dibandingkan tahun sebelumnya.

WSF yang beroperasi mulai Oktober 2022 itu juga mampu menurunkan volume
sampah residu yang dikumpulkan di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Aek Sirara sebesar 11%.


Kurangi kemasan plastik

 

General Manager Operations PTAR Rahmat Lubis mengatakan, perusahaannya
selama ini melakukan kampanye kepada karyawan dan mitra kerja untuk
menurunkan konsumsi barang atau kemasan plastik. Untuk mendukung pengelolaan lingkungan berkelanjutan, hingga akhir 2022 PTAR juga telah merehabilitasi lahan seluas 34,6 hektare. Sekitar 39 hektare lahan lagi akan direhabilitasi dari 2022 sampai 2026.

Pada 2022, PTAR jug telah menebar 20.000 bola benih dan menanam 12.000
benih pohon. Mereka menargetkan dapat menanam 6.250 bibit pohon di dalam areal tambang dan sebanyak 30.000 bibit di luar areal tambang, pada 2023. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat