visitaaponce.com

Obat Apotek yang Ampuh untuk Penyakit Tifus

Obat Apotek yang Ampuh untuk Penyakit Tifus
Ilustrasi pemeriksaan penyakit tifus akibat bakteri Salmonella Typhi(Business Recorder)

Tifus adalah salah satu penyakit umum yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia. Tifus atau tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang menyebabkan gejala seperti demam. Seringkali, penderita tifus harus dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Namun, ada beberapa obat tifus di apotek yang pembeliannya juga harus disertai dengan resep dokter.

1. Sulfamethoxazole

Sulfamethoxazole adalah obat antibiotik untuk mengobati penyakit akibat infeksi bakteri. Obat ini bekerja dengan menghambat proses pembentukan asam dihidrofolat, yaitu zat yang diperlukan bakteri untuk tumbuh. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kaplet, dan suspensi.

Baca juga: Ini Hal-Hal yang Harus Dihindari Jika Anda Menderita Tipes

2. Chloramphenicol

Chloramphenicol adalah obat antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri serius, terutama apabila penyakit infeksi tidak membaik dengan obat-obatan lain. Dalam pengobatan tifus, obat ini biasa digunakan apabila bakteri penyebab tifus resisten terhadap antibiotik lain. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan kapel.

3. Ciprofloxacin

Ciprofloxacin adalah obat antibiotik untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri, termasuk bakteri penyebab tifus. Obat ini mengandung bahan aktif ciprofloxacin Hcl yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Di Indonesia, Ciprofloxacin tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul dengan komposisi 500 mg.

Baca juga: Ternyata Bukan Kecapekan Penyebab Tipes

4. Ampicillin

Ampicillin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri dengan cara menghambat pembentukan sintesis dinding sel bakteri. Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet, kapsul, dan suspensi.

5. Azithromycin

Azithromycin adalah obat antibiotik makrolida yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini biasanya digunakan jika penderita tifus tidak dapat menggunakan Ciprofloxacin atau bakteri resisten terhadap kandungan Ciprofloxacin.

6. Innolife Verplus

Innolife Verplus merupakan obat herbal dengan kandungan ekstrak Lumbricus rubellus atau cacing tanah merah sebanyak 250 mg. Ekstrak cacing tanah merah dipercaya dapat membantu mengobati gejala demam dan membantu mengobati gejala tifus.

Karena termasuk obat herbal, obat ini tidak memerlukan resep dokter untuk membelinya. Namun, penggunaan dan dosis pemberian tetap harus dilakukan dengan bantuan apoteker. Berikut dosis yang bisa dijadikan patokan, yaitu 1-2 kapsul setiap 3 kali sehari, dikonsumsi setelah atau sebelum makan.

Demikian informasi seputar obat tifus yang dijual di apotek. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk membantu mengobati gejala penyakit tifus hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Karena itu, utamakan lebih dulu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep obat yang tepat, ya!

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat