visitaaponce.com

Tim SAR Evakuasi WNA yang Tergelincir di Pantai Klingking

Tim SAR Evakuasi WNA yang Tergelincir di Pantai Klingking
: Tim SAR gabungan saat melakukan evakuasi terhadap WNA Perancis yang tergelincir di Pantai Klingking, Nusa Penida, Bali, Jumat (11/8).(MI/ruta suryana )

TIM SAR gabungan mengevakuasi warga negara asing (WNA) yang mengalami cedera saat berwisata di Pantai Klingking, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Jumat (11/8) sore. Korban yang merupakan WNA asal Perancis, berusia 45 tahun berinisial  tersebut tergelincir dari tangga tebing hingga mengalami dislokasi pada bahu kanan.

"Kami terima informasi pada pukul 16.15 Wita dari Bapak Putu, dan segera memberangkatkan tujuh personel dari Unit Siaga SAR Nusa Penida menggunakan RIB," terang I Nyoman Sidakarya, Kepala Kantor Basarnas Bali.

Namun kondisi laut menjadi kendala dalam proses evakuasi. Sekitar pukul 17.00 Wita ombak pecah ketika mendekati bibir pantai, dan korban tidak berani untuk dievakuasi melalui laut.

Baca juga: BAF Hijaukan 6 Pesisir Pantai Indonesia Lewat Penanaman ...

"Tim Rescue memutuskan untuk berlabuh menuju pelabuhan terdekat di Toyapakeh, Nusa Penida kemudian menuju lokasi korban untuk melaksanakan evakuasi melalui jalur darat," ungkapnya.

Kondisi korban masih memungkinkan untuk berjalan, maka evakuasi dilakukan mandiri. Di lokasi korban langsung diberikan penanganan awal oleh tenaga medis. Akhirnya sekitar pukul 19.30 Wita tim SAR gabungan berhasil melaksanakan evakuasi, dan selanjutnya korban dirujuk menuju klinik Nusa Medika dengan menggunakan ambulance untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali (Unit Siaga SAR Nusa Penida), Polsek Nusa Penida, Tim Media Nusa Medika, Koramil Nusa Penida, pemandu wisata Pantai Klingking. (RS/A-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat