visitaaponce.com

Desa Bungbangsari Jadi Lokasi TMMD ke-118 Kodim 0608Cianjur

Desa Bungbangsari Jadi Lokasi TMMD ke-118 Kodim 0608/Cianjur
Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf M Syaifuddin Fanany memaparkan laporan pelaksanaan TMMD ke-118.(MI/Benny Bastiandy)

DESA Bungbangsari Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, jadi lokasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 0608/Cianjur. Pada pelaksanaannya, TMMD mencakup kegiatan fisik dan nonfisik.

Bertema 'Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat Semakin Kuat', TMMD ke-118 dibuka secara resmi, Rabu (20/9). Bupati Cianjur Herman Suherman berkesempatan membuka langsung kegiatan tersebut di Lapang Binaraga Desa Pasawahan.

Kegiatan fisik meliputi pengerjaan jalan beton sepanjang 2.080 meter dengan lebar 3 meter, perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) sebanyak 2 unit berukuran 6x4 meter, perbaikan musala 1 unit, perbaikan madrasah 1 unit, pembuatan MCK 1 unit, dan pembuatan pos ronda sebanyak 2 unit.

Baca jugaKampung Tunagan di Cianjur Menuju Kampung Siap Siaga Bencana

Adapun sasaran kegiatan nonfisik meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan ketertiban masyarakat, penyuluhan pertanian, penyuluhan perkebunan, penyuluhan KB kesehatan posyandu, stunting, posyandu PTM, penyuluhan kesehatan, penyuluhan UMKM, dan penyuluhan hukum. 

"Kami berterima kasih kepada TNI dan semua pihak yang sudah berpartisipasi pada pelaksanaan TMMD ke-118. Kami juga mengapresiasi kepada para kepala OPD di lingkungan Pemkab Cianjur yang bersinegis pada kegiatan ini," kata Herman, Rabu (20/9).

TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, pemerintah daerah, dan segenap lapisan masyarakat. Program itu merupakan langkah nyata mengatasi berbagai permasalahan di masyarakat.

"TMMD merupakan dukungan nyata TNI bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. TMMD juga merupakan implementasi komitmen TNI dan pemerintah daerah untuk melestarikan semangat gotong royong," ujarnya.

Menurut Herman, TMMD bukan hanya membangun sarana fisik bagi masyarakat. Lebih dari itu menjadi sarana membangun SDM, mental, dan semangat masyarakat agar mampu mengelola potensi yang ada serta memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap ancaman dan tantangan.

"Saya berharap, melalui TMMD, soliditas dan sinergitas antara TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat lebih terjalin erat selama ataupun nanti setelah program ini berlangsung," tegasnya. 

Herman berharap sinergitas itu bisa mewujudkan mimpi menjadi SDM yang mampu berdaya saing, maju, dan sejahtera, serta menghalau berbagai permasalahan bangsa. Ia pun berharap semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat bisa terus terjaga. (BB/N-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat