visitaaponce.com

Tunjang Kereta Cepat, Dishub Usul Ada Akses Tol Baru

Tunjang Kereta Cepat, Dishub Usul Ada Akses Tol Baru
Ilustrasi. Penampakan rangkaian kereta inspeksi atau comprehensive inspection train (CIT) yang disambung kereta electric multiple unit (EMU)(Dok : KCIC)

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat mengusulkan pembukaan akses tol baru untuk menunjang keberadaan Stasiun Hub Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Padalarang. Dua akses tol yang diusulkan tersebut yakni Tol Cikamuning di Tagog Apu Padalarang dan ruas Tol Purbaleunyi 106 di Kawasan Walini,
Cikalongwetan.

"Tol Cikamuning yang selama ini hanya dibuka untuk akses keluar, diharapkan juga bisa dipakai sebagai akses masuk atau didorong di KM 106 Warung Domba 
atau Walini," kata Kepala Dishub Bandung Barat, Fauzan Azima, Jumat (22/9).

Menurut dia, selama ini akses masuk tol di Bandung Barat hanya bisa dilalui lewat Gerbang Tol Padalarang. Jika pintu masuk tol baru seperti di Cikamuning atau Cikalongwetan dibuka maka bisa mengurangi beban kendaraan yang akan masuk ke wilayah Padalarang.

Baca juga: Kadin Tiongok dan Indonesia Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Jika operasional kereta cepat telah dibuka melayani penumpang, Fauzan melanjutkan, keberadaan Stasiun Hub KCJB di Padalarang diprediksi bakal menambah mobilitas kendaraan di wilayah Bandung Barat, khususnya Padalarang. Sehingga kendaraan yang akan mengarah ke Jakarta bisa masuk melalui kedua
tol itu.

"Mohon bisa didorong untuk mengurangi beban kendaraan berat yang melewati depan Stasiun Padalarang sehingga yang arah ke jakarta bisa didistribusikan
di arah sana (Cikamuning atau Warung Domba)," ungkapnya.

Selain mendorong pembukaan akses tol baru, pihaknya sudah menetapkan sejumlah jalan menjadi kawasan tertib lalu lintas di sekitar Stasiun Padalarang yakni di Jalan Panaris sampai Jalan Gedong Lima. 

"Ruas jalan yang sudah kita siapkan yang sudah ditetapkan menjadi kawasan tertib lalu lintas itu Jalan Panaris, Jalan Gedung Lima," ujarnya.

Selain menunjang keberadaan Stasiun Hub KCJB itu, perbaikan infrastruktur juga terus dilakukan seperti menyambungkan trotoar dari Jalan Panaris, Jalam Gedong Lima dan sekitarnya. Disamping itu, Dishub juga mengusulkan perbaikan akses di Jalan Cihaliwung atas.

"Yang direncanakan jalan lingkar Padalarang-Cipatat sedang berproses, jika sudah selsai sedikitnya akan memberikan kemudahan aksesibilitas di Kawasan Padalarang dalam rangka operasional KCJB," jelasnya. (DG/N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat