visitaaponce.com

6 Orang Tewas dalam Kebakaran Tempat Hiburan Karaoke di Tegal

6 Orang Tewas dalam Kebakaran Tempat Hiburan Karaoke di Tegal
Suasana upaya pemadaman kebakaran Karaoke Orange di Jl. Veteran, Kota Tegal, Jateng.(MI/Supardji Rasban)

SEBANYAK 6 orang tewas dalam kebakaran tempat hiburan karaoke di Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin (15/1). Tempat hiburan yang terbakar itu yakni Karaoke Orange, yang berada di Jalan Veteran, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Keenam  korban meninggal itu semuanya pemandu lagu di tempat hiburan ternama di Kota Tegal tersebut. "Yang meninggal dunia ada 6 orang karena sesak nafas kelebihan CO2. Mereka meninggal dalam perjalanan dibawa ke rumah sakit sudah meninggal dunia," ujar Kepala Dinas Kesehatan, Zaenal Abidin.

Zaenal menyebut selain 6 meninggal dunia, ada 9 orang lainnya yang mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah, Kota Tegal. Sedangkan yang dirawat ada 7-9 orang. Tapii masih dalam proses pendataan.

Seorang pemandu yang selamat karena sedang tidak bertugas, Sofian, menuturkan keenam temannya yang tewas dan 7 lainnya saat itu sedang tidur di mes. "Mereka tertidur sesudah bertugas," ujar Sofian.

Kepala Bidang Damkar BPBD Kota Tegal, Sugeng Riyadi, menyampaikan, dugaan sementara kebakaran terjadi karena ada kabel dalam ruangan yang konslet. 

"Kabel koslet sehingga menimbulkan percikan api dan mengeluarkan asap yang  tebal. Hanya asap yang tebal di ruangan dalam tidak ada kobaran api," ujar Sugeng

Menurut Sugeng, proses pemadaman mengalami kesulitan karena ruangan yang penuh asap tebal. Petugas mengalami kesulitan ya karena asap tebal itu. Dari pemantauan di lokasi kebakaran, proses evakuasi berjalan dramatis. Petugas selain menggunakan tangga darurat dari mobil khusus, juga sampai membobol dinding dan memecah kaca untuk mencari penghuni gedung yang masih terjebak.

Sekurangnya 4 ambulans dikerahkan dalam proses evakuasi itu. Petugas gabungan baik dari Damkar, TNI dan Polri hingga Satpol PP berupaya mengevakuasi karyawan yang terjebak. (JI/N-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat