visitaaponce.com

Geopark Meratus jadi Obyek Liputan Porwanas XIV 2024 Kalsel

Geopark Meratus jadi Obyek Liputan Porwanas XIV 2024 Kalsel
Puncak Langara salah satu geosite Geopark Meratus yang terbentuk 180 juta tahun.(MI/Denny Susanto)

KEINDAHAN bernilai sejarah sejumlah geosite Geopark Meratus menjadi obyek liputan dan reportase yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwarnas) XIV yang akan berlangsung Agustus 2024 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal ini dikemukakan Ketua Persatuan Wartawan Indonesian (PWI) Kalsel, Zainal Helmie dalam sambutannya pada acara Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) 2024 se-Kalsel, Rabu (6/3). "PWI mendukung upaya Pemprov Kalsel menjadikan geopark nasional Pegunungan Meratus menjadi Unesco Global Geopark. Salah satunya dengan liputan dan reportase tentang Geopark Meratus yang dipertandingkan dalam even Porwanas," tuturnya.

Lewat hasil karya jurnalistik tentang Geopark Meratus yang diikuti ratusan wartawan dari berbagai daerah ini diharapkan pemberitaan tentang geopark Meratus akan tersebar luas tidak hanya di tingkat nasional melainkan juga internasional. "Pada akhirnya dunia internasional akan lebih mengetahui tentang Geopark Meratus di Kalsel ini," ujarnya.

Baca juga : Generasi Muda Sukabumi Bentuk Geopark Youth Forum CPUGGp

Tercatat ada 54 geosite yang tersebar di kawasan Geopark Meratus mulai dari bagian hulu kawasan pegunungan hingga bagian hilir Sungai Barito. Pemprov Kalsel telah mengusulkan Geopark Nasional Meratus masuk dalam bagian Unesco Global Geopark (UGG) dengan tetap mengedepankan fungsi konservasi, edukasi dan ekonomi masyarakat sekitar.

Gelaran Porwada PWI Kalsel ini dilaksanakan 6-8 Maret 2024, mempertandingkan lima cabang olahraga yakni tenis meja, biliar, catur, domino dan e-sport. Porwada diikuti 120 wartawan dengan memperebutkan 46 medali emas, 46 medali perak dan 122 medali perunggu.

Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dian Nur, mengatakan Pemprov Kalsel mendukung penuh Kalsel sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Porwanas XIV 2024 mendatang. Pihaknya berharap kontingen PWI Kalsel dapat memperbaiki capaian prestasi dari Porwanas sebelumnya. (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat