visitaaponce.com

Kisah Inspiratif Penjual Kerupuk Disabilitas di Bangka Ini Berharap Berkah Ramadan

Kisah Inspiratif! Penjual Kerupuk Disabilitas di Bangka Ini Berharap Berkah Ramadan
Penjual kerupuk disabilitas di Bangka(MetroTV/Rendy Ferdiansyah)

MESKIPUN dihadapkan dengan keterbatasan fisik, bulan suci Ramadan menjadi momen bagi seseorang untuk berkarya dan mencari nafkah. Itulah yang ditunjukkan oleh Wardiansyah, seorang disabilitas berusia 27 tahun, yang turun ke jalan untuk berjualan kemplang dan kerupuk di persimpangan lampu merah kantor pos Sungailiat, Bangka Belitung.

Sebagai kepala rumah tangga, Wardiansyah tidak pernah menyerah dalam mencari rezeki bagi istri dan anaknya yang masih berusia 3 tahun, meskipun dia tidak bisa melihat. Setiap hari, dia berdiri di sana, menawarkan kemplang dan kerupuk seharga Rp12 ribu perbungkus kepada pengendara yang berhenti di lampu merah.

Dari hasil penjualan tersebut, Wardiansyah bisa membawa pulang uang keuntungan hingga Rp50 ribu atau bahkan lebih setiap harinya. Tergantung dari banyaknya pembeli dan apakah mereka mengambil kembalian atau tidak.

Baca juga : Harga Cabai Rawit di Bangka Tembus Rp120 Ribu, Jelang Bulan Ramadhan

"Saya hanya bermodal percaya dengan siapapun yang membeli dagangan saya, dan saya ikhlas jika memang ada yang menipu," ungkapnya.

Wardiansyah memiliki latar belakang pekerjaan yang beragam sebelum akhirnya berjualan di jalan. Dia pernah bekerja di perkebunan, menanam padi, cangkul sawah, kebun merica (lada), dan bahkan merantau untuk berjualan durian dan tisu. Meskipun tidak bisa melihat, dia tetap mempercayai pembeli dan ikhlas dalam berdagang.

Untuk memudahkan transaksi, uang kembalian sudah dipisahkan dari rumah mulai dari pecahan Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu, dan Rp20 ribu. Terkadang, dia juga dibantu oleh sang istri saat berjualan, terutama jika istri sudah selesai mengurus anak di rumah.

Dalam bulan Ramadhan ini, Wardiansyah berharap mendapatkan berkah yang melimpah dari usahanya berjualan kerupuk dan kemplang di perempatan lampu merah kantor pos. Kisah inspiratifnya menjadi bukti bahwa semangat dan keikhlasan dapat membawa seseorang melewati segala rintangan, bahkan dalam situasi yang penuh dengan tantangan seperti ini. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat