visitaaponce.com

Kemenhub Menduga Kecelakaan di KM 58 akibat Pengemudi Mengantuk

Kemenhub Menduga Kecelakaan di KM 58 akibat Pengemudi Mengantuk
Lokasi kecelakaan di Tol Japek KM 58(Dok. Jasamarga)

DIREKTUR Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno menduga kecelakaan yang melibatkan bus dan dua minibus di Kilometer 58 + 600 arah Jakarta, ruas Tol Jakarta - Cikampek (Japek), Karawang, Jawa Barat pada Senin (8/4) pukul 07.04 WIB, diduga disebabkan oleh kelelahan pengemudi.

Hendro mengungkapkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan investigasi lebih lanjut terkait insiden ini, yang terjadi saat arus mudik Lebaran 2024. Kecelakaan melibatkan Bus Primajasa nomor polisi B 7655 TGD, Daihatsu Grandmax nomor polisi B 1635 BKT, dan Daihatsu Terios nomor polisi E 1399 MF di Tol Japek.

"Diperkirakan faktor kelelahan dari pengemudi Daihatsu Grandmax menyebabkan mobil keluar jalur yang mengarah ke Jakarta," ujar Hendro dalam pernyataannya, Senin (8/4).

Baca juga : Polres Cilacap Siapkan 5 Pos Pengamanan di Jalur Selatan

Hendro juga mengimbau kepada para pemudik untuk beristirahat jika merasa mengantuk atau lelah, dengan istirahat maksimal 30 menit di rest area atau keluar tol untuk mencari tempat istirahat yang nyaman.

"Mengingat padatnya kondisi lalu lintas yang dapat menyebabkan kelelahan, diharapkan pemudik beristirahat. Disarankan untuk beristirahat setiap mengemudi selama empat jam berturut-turut selama 30 menit," tambahnya.

Selain itu, masyarakat juga diminta merencanakan perjalanan dengan baik, memilih waktu yang tidak rentan untuk mengantuk, dan memastikan tidur cukup sebelum mengemudi.

Data sementara dari PT Jasa Marga Transjawa Tol menunjukkan bahwa lajur contraflow KM 48 sampai 70 arah Cikampek Ruas Tol Japek ditutup atas kebijaksanaan kepolisian, sementara petugas di lapangan masih menangani dan mengevaluasi insiden kecelakaan tersebut. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat