visitaaponce.com

Malam ini Puncak Arus Balik di Jawa Tengah, One Way di GT Kalikangkung-Cikampek Utama

Malam ini Puncak Arus Balik di Jawa Tengah, One Way di GT Kalikangkung-Cikampek Utama
Kendaraan arus balik arah Jakarta di GT Cikampek Utama(Antara)

MINGGU (14/4) menjadi puncak arus balik dari Jawa Tengah menuju ke Jakarta, tidak hanya di jalan tol dan jalan nasional dipenuhi kendaraan, beberapa tempat keberangkatan seperti terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan dan bandara juga dipenuhi ribuan warga balik ke perantauan.

Pemantauan Media Indonesia hingga Minggu (14/4) malam ribuan kendaraan arus balik masih memenuhi ruas jalur Pantura, Pansela dan jalur tengah serta Jalan Tol Trans Jawa di Jawa Tengah, ketersendatan lalu lintas terlihat di beberapa ruas sejak sore seperti ruas jalan nasional Salatiga-Semarang, dalam Kota Semarang, Pekalongan dan Tegal.

"Ketersendatan terjadi dua arah di ruas Ungaran-Jatingaleh, biasanya untuk kondisi normal jalan itu ditempuh sekitar 30 menit, tapi hari ini harus ditempuh dua jam perjalanan," kata Sholeh,55, pengemudi travel dari Solo dengan tujuan Jakarta.

Baca juga : One Way KM 414 GT Kalikangkung Tol Batang-Semarang sampai KM 72 Jalan Tol Cipali Diberlakukan

Peningkatan jumlah kendaraan arus balik juga terjadi  di ruas Tol Trans Jawa yang telah menerapkan sistem one way nasional GT Kalikangkung-GT Cikampek Utama, bahkan karena lonjakan kendaraan ini diteruskan ke one way lokal mulai GT Salatiga-GT Kalikangkung.

Kepala Pospam GT Kalikangkung Ajun Komisaris Sujid mengatakan jumlah kendaraan melintas di GT Kalikangkung terus meningkat hingga malam ini, sehingga untuk mengantisipasi ketersendatan lalu lintas di ruas tol selain one way diperpanjang dengan satu arah lokal juga dibuka seluruh gardu tol (12 gardu).

Berdasarkan data yang ada, lanjut Sujid, jumlah kendaraan melintas di GT Kalikangkung ini pada awalnya masih  rata-rata di bawah 3.000 unit per jam, tetapi jelang malam meningkat menjadi rata-rata 4.000 unit per jam.

Baca juga : Berlaku Mulai 18 April, Cek Jadwal Ganjil Genap Mudik Lebaran 2023 di Tol Trans-Jawa

"Sejauh ini cukup lancar kendaraan arus balik ke arah Jakarta," imbuhnya.

Sementara itu di sejumlah stasiun kereta api Daop 4 Semarang, tercatat pada Minggu (14/4) ini mengangkut 34 ribu penumpang balik yang merupakan rekor tertinggi selama arus balik berlangsung. 

"Hari ini menjadi puncak arus balik, diberangkatkan dari sejumlah stasiun sebanyak 34 ribu penumpang," ujar Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang Franoto Wibowo.

Baca juga : Kakorlantas: One Way Arus Balik dari GT Kalikangkung Dimulai Pukul 14.00 WIB

Pada puncak arus balik ini, kapal perang KRI Banda Aceh 593 kembali angkut pemudik balik secara gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Minggu (14/4) menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan mengangkut 470 orang dan 116 unit sepeda motor.

Komandan Lanal Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto mengatakan berdasarkan data untuk KRI Banda Aceh ini secara keseluruhan mengangkut 799 orang dan sepeda motor 174 unit. 

"Arus balik ini lebih sedikit dibandingkan saat mengangkut arus mudik lalu," tambahnya. (AS/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat