visitaaponce.com

Gunung Ibu di Maluku Utara Naik Level Status dari Siaga ke Awas

Gunung Ibu di Maluku Utara Naik Level Status dari Siaga ke Awas
Status Gunung ibu naik(Antara)

BADAN Geologi setempat telah merekomendasikan kepada warga sekitar Gunung Ibu, yang terletak di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, untuk menjauh dari radius 5 hingga 7 kilometer dari pusat erupsi. Hal ini menyusul naiknya status Gunung Ibu dari level siaga menjadi level awas karena peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan.

Menurut laporan Badan Geologi, hasil pantauan visual dan instrumental mereka menunjukkan bahwa Gunung Ibu telah mengalami peningkatan aktivitas kegempaan vulkanik dalam beberapa hari terakhir. Selama bulan Mei ini saja, Gunung Ibu sudah meletus sebanyak 13 kali dengan ketinggian kolom abu bervariasi, mulai dari 1500 meter hingga 5000 meter.

Pada Kamis (16/5) pukul 09.58 WIT, Gunung Ibu kembali meletus dengan ketinggian kolom abu mencapai 5000 meter. Dengan intensitas erupsi yang semakin meningkat, Badan Geologi setempat memutuskan untuk menaikkan status Gunung Ibu dari level 3 siaga menjadi level 4 awas.

"Kami merekomendasikan agar warga tidak mendekati radius 5 hingga 7 kilometer dari pusat erupsi Gunung Ibu," ungkap Penyelidik Bumi dari Badan Geologi Sofyan Primulyana. (Z-10)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat