visitaaponce.com

Pendaftaran PPDB Jawa Tengah Dibuka 11 Juni 2024

Pendaftaran PPDB Jawa Tengah Dibuka 11 Juni 2024
PPDB Jawa Tengah 2024(Antara)

PENDAFTARAN Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMA/SMK negeri di Jawa Tengah akan dibuka besok, Selasa (11/6), dengan kuota sekitar 41,62% dari jumlah lulusan SMP mencapai 541.073 siswa.

Berdasarkan pemantauan Media Indonesia, setelah tahap pengumuman selesai pada Kamis (6/6) lalu, PPDB tingkat SMA/SMK negeri di Jawa Tengah akan dimulai besok, Selasa (11/6). Ratusan sekolah tingkat lanjutan atas (SLTA) negeri telah mempersiapkan diri, baik perangkat maupun jaringan daring hingga petugas penerimaan.

Meskipun pendaftaran akan berlangsung hingga Senin (24/6) mendatang, diperkirakan pendaftar pada hari pertama, terutama lulusan sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) di Jawa Tengah, akan cukup tinggi. "Meskipun pendaftaran daring biasanya mengalami lonjakan pada hari pertama, kami mengimbau agar para pendaftar bersabar," ujar Ali, seorang guru SMP negeri di Kota Semarang.

Baca juga : 53 Kepala SMA-SMK dan SMP Negeri di Depok Terancam Dipecat jika Terima Siswa Titipan di PPDB

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Uswatun Hasanah, menegaskan bahwa seluruh instrumen regulasi sudah disiapkan untuk menjamin kelancaran dan optimalnya pelaksanaan PPDB 2024, mulai dari server peralatan daring hingga sumber daya manusia.

Menurut Uswatun Hasanah, pada PPDB Jateng tahun ini terdapat penambahan kuota menjadi 41,62 persen dari jumlah lulusan SLTP di Jawa Tengah, yakni sebanyak 541.073 siswa. PPDB akan dibuka dalam empat jalur, yaitu zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan kerja orang tua.

Sementara itu, berdasarkan data yang ada, terdapat 667 SMA negeri dan 305 SMK negeri di Jawa Tengah. Daya tampung SMA negeri mencapai 120.012 kursi terbagi dalam 3.308 rombongan belajar, sedangkan SMK negeri menampung sebanyak 105.218 siswa terbagi dalam 2.892 rombongan belajar.

Kepala Ombusmen Jawa Tengah Siti Farida, menjelaskan bahwa posko aduan telah disiapkan untuk mengantisipasi pelanggaran saat pelaksanaan PPDB. Warga yang menemukan permasalahan dapat melaporkannya agar segera ditindaklanjuti.

Dalam pengawasan pelaksanaan PPDB, Inspektur Provinsi Jawa Tengah, Dhoni Widianto, menekankan bahwa instansinya telah melakukan monitoring dan inspeksi mendadak ke beberapa sekolah penyelenggara PPDB 2024. Jika terdapat permasalahan, Inspektorat akan memberikan saran kepada penyelenggara untuk penanganan lebih lanjut. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat