visitaaponce.com

Konsisten, Koster Tetap Menolak Israel Tampil World Beach Game

Konsisten, Koster Tetap Menolak Israel Tampil World Beach Game
Gubernur Bali kembali menolak kedatangan Israel di World Beach Game, Bali.(Antara )

GUBERNUR Bali Wayan Koster kembali menolak kedatangan Israel ke Bali. Setelah menolak kehadiran timnas Israel bermain di Bali dalam Piala Dunia U-20, kali ini Koster menolak Israel bermain di World Beach Games. 

"Betul. Kita menolak Israel bermain di Bali dalam World Beach Games. Ini sudah sesuai aturan yang ada. Kita tidak bisa melanggarnya. Kalau kita izinkan maka kita melanggar aturan yang ada," ujar Koster di Karangasem, Bali, Rabu (5/4) malam. 

Menurut Koster, ada Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 sudah mengatur hal tersebut. Di mana pemerintah daerah sebagai entitas harus mengikuti panduan umum hubungan luar negeri. 

Baca juga: Menpora dan Ketum KOI Kedepankan Diplomasi soal World Beach Games

"Salah satunya adalah melarang menyanyikan lagu kebangsaan negara Israel terutama di Indonesia di mana pun berada. Kita konsisten hal ini," ujarnya. 

Selain Permenlu, Koster juga menjelaskan aturan yang lebih tinggi lagi, yakni UUD 45. UUD 45 menegaskan Indonesia tidak pernah akan sejalan dengan penjajahan oleh negara mana pun dan menjajah negara manapun. Israel sampai saat ini masih menjajah Palestina dan ini sangat bertentangan dengan Konstitusi Indonesia.

Baca juga: DPR Usul Evaluasi Aturan Diplomatik Indonesia dan Israel

Ajang World Beach Games sejatinya akan digelar di Bali pada Agustus hingga September mendatang. Dalam event tersebut, Tim Israel ikut di beberapa cabang, seperti voli pantai dan renang. 

Bila diizinkan, diperkirakan sekitar 20-an sampai 30-an Tim Israel akan berada di Bali. Bila salah satu cabang olahraga dimenangkan Israel, maka mau tidak mau lagu kebangsaan Israel akan dinyanyikan di Bali. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat