visitaaponce.com

Menpora dan Ketum KOI Kedepankan Diplomasi soal World Beach Games

Menpora dan Ketum KOI Kedepankan Diplomasi soal World Beach Games
Serah terima Jabatan menpora dari Muhadjir Effendy ke Dito Ariotedjo(Dok. Kemenpora)

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari bakal mengedepankan komunikasi dan diplomasi untuk menjamin gelaran ANOC World Beach Games di Bali pada Agustus mendatang tetap terlaksana.

Hal itu demi menepis kekhawatiran terkait keikutsertaan atlet Israel berkaca pada kasus Piala Dunia U-20.

"Yang pasti saya akan mengedepankan komunikasi dan diplomasi kepada seluruh stakeholder yang ada," ucap Dito seusai serah terima jabatan di kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (4/4).

Baca juga : Menpora Segera Rampungkan Kontingen SEA Games

Dito menegaskan bakal berjalan searah dengan pesan Presiden Joko Widodo agar olahraga tak dicampuraduk dengan politik. Pengalaman batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 menjadi pelajaran mahal. Sebab itu, ia berjanji akan berkomunikasi intens dengan para pemangku kepentingan.

"Saya searah dengan Pak Presiden, politik dan olahraga tidak bisa dicampur aduk. Melihat pengalaman dari U-20, saya akan mengedepankan komunikasi dan kolaborasi ke seluruh stakeholder agar ada titik temunya. Dengan diplomasi dan komunikasi semua bisa terselesaikan," ucapnya.

Baca juga : Wapres Minta Menpora Dito Ariotedjo Optimalkan Karang Taruna

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari juga menegaskan agar olahraga harus jauh dari unsur-unsur politik apalagi diskriminasi, sejalan dengan Piagam Olimpiade. Jika ada persoalan terkait penyelenggaraan suatu ajang internasional, ia menekankan perlu dicarikan solusi bersama.

Okto mengungkapkan, juga terus berkomunikasi dengan ANOC terkait agenda World Beach Games dan juga IOC terkait isu-isu terkini di Tanah Air.

"Kita semua itu harus mencari solusi bukan masalah. ANOC, FIFA, dan IOC itu sayang sama Indonesia untuk memikirkan solusi terbaik agar bisa terpenuhi," kata Okto. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat